Previous Next

Bersamaan dengan dilakukannya pemutakhiran atas kategori layanan perusahaan penerima fasilitas Tempat Penimbunan Berikat (TPB) di wilayah pengawasan Bea Cukai Tangerang, kepada penerima kategori layanan hijau diagendakan kegiatan Penandatanganan MoU pada hari Rabu, 10 Juli 2019. Penandatanganan MoU atau Nota Kesepahaman menjadi dasar hukum bagi perusahaan dalam melakukan pelayanan di Bea Cukai Tangerang yang kini telah berkategori layanan hijau.

            Penandatanganan MoU dilakukan oleh pimpinan perusahaan bersama dengan Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Aris Sudarminto. Tak hanya penandatanganan, pertemuan ini dijadikan ajang untuk membangun kerja sama dan silaturahmi di antara Bea Cukai Tangerang sebagai penyedia layanan, dan pengusaha sebagai pengguna layanan. Kemudian agenda lainnya yaitu testimoni Kawasan Berikat Mandiri. Testimoni diberikan guna mendorong Kawasan Berikat yang telah memiliki kategori layanan hijau untuk ditetapkan menjadi Kawasan Berikat Mandiri.

            Hingga kini, telah ditetapkan sebanyak 3 Kawasan Berikat Mandiri di bawah pengawasan Bea Cukai Tangerang, yaitu PT Panarub Industry, PT Pancaprima Eka Brothers, dan PT Victory Chingluh Indonesia. Pada semester kedua di tahun 2019 ini, diharapkan terdapat penambahan jumlah Kawasan Berikat yang berminat melakukan pelayanan mandiri. Banyak hal yang dapat menjadi kelebihan serta keuntungan jika ditetapkan sebagai Kawasan Berikat Mandiri sebagaimana testimoni yang disampaikan.

            Selain itu, dalam menjajaki proses pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), Bea Cukai Tangerang melibatkan para pengusaha dalam pencapaiannya. Sinergi dan kerja sama yang baik pasti menjadi penentu dalam penilaian gelar Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Dukungan dan masukan terus mengalir untuk mewujudkan Bea Cukai Tangerang menjadi Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) hingga mewujudkan Bea Cukai yang semakin baik.

 

Previous Next

Setiap jabatan yang dibebankan tentu membutuhkan pertanggungjawaban. Selasa, 9 Juli 2019 dilaksanakan Sumpah Jabatan Pejabat Eselon V yang mutasi di lingkungan Kantor Bea Cukai Tangerang. Di Ruang Aula Lantai 3 Kantor Bea Cukai Tangerang berlangsung rangkaian Sumpah Jabatan yang disaksikan oleh Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Aris Sudarminto, dan Rohaniawan Islam. Sumpah Jabatan diikuti oleh Rohidi selaku Kepala Subseksi Hanggar Pabean dan Cukai, serta Salehuddin selaku Kepala Subseksi Administrasi Penerimaan dan Jaminan I.

            Kemudian, rangkaian kegiatan berlanjut dengan Pisah Sambut Pejabat dan Pegawai Mutasi. Perpisahan untuk Pejabat dan Pegawai yang meninggalkan Kantor Bea Cukai Tangerang dan menyambut anggota baru yang kini bergabung bersama Bea Cukai Tangerang. Rasa haru menyelimuti perpisahan, namun roda harus terus berputar. Rasanya sudah biasa bagi pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam menjalani mutasi, namun tetap saja sedikit tertinggal perasaan sedih dan haru.

            Tak hanya itu, setiap guliran rangkaian kegiatan, diiringi dengan lantunan lagu-lagu lawas yang dibawakan oleh Betakustik. Sejenak, setiap pegawai yang mendengarnya lantas memutar kembali memori kenangannya. Melihat-lihat capaian apa yang telah diraih, mengingat sejauh apa langkah yang telah ditempuh, dan menyadari bahwa termuat “indah” dalam kata “pindah”. Meski tak selalu seperti yang diharapkan, tak menghilangkan alasan untuk selalu bersyukur.

            Selanjutnya, masing-masing Pejabat dan Pegawai yang mutasi memberikan kesan serta pesannya kepada seluruh Pejabat serta Pegawai yang hadir dalam kegiatan. Aris Sudarminto pun selaku Kepala kantor Bea Cukai Tangerang memberikan sambutan serta cinderamata, ucapan terima kasih dan kenang-kenangan. Kemudian kegiatan diakhiri dengan ramah-tamah, bersalam-salaman antar Pejabat dan Pegawai, saling mengucap terima kasih dan sampai bertemu kembali.

 

Previous Next

Ramadhan telah berlalu, kini masuki masa yang baru dengan semangat yang baru pula. Semangat perubahan ke arah yang lebih baik, semangat wujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi. Suka cita Hari Raya masih kental terasa di Kantor ini, Kantor Bea Cukai Tangerang. Tak hanya bagi para pejabat dan pegawai, seluruh pengguna jasa pun terlihat saling memaknai momentum maaf-memaafkan ini.

            Di waktu yang berbeda, terlaksana kegiatan Halalbihalal Bea Cukai Tangerang bersama para pengguna jasa, yaitu pada hari Rabu, 26 Juni 2019 bersama Reksan Cukai dan Rabu, 3 Juli 2019 lalu bersama Pengusaha Penerima Fasilitas Tempat Penimbunan Berikat (TPB). Meski digelar dalam waktu yang tak bersamaan, tetap teriring tujuan silaturahmi dan niat saling memaafkan. Halalbihalal dibuka dengan hiburan berupa iringan musik tema akustik yang syahdu didengar telinga dari BeTakustik. Dilanjutkan dengan pembukaan serta doa untuk kelancaran rangkaian kegiatan.

            Tema yang berbeda pun menghiasi rangkaian kegiatan Halalbihalal. Bersama Reksan Cukai, dipaparkan tema Penerimaan Cukai yang mendominasi target keseluruhan penerimaan pabean dan cukai di Bea Cukai Tangerang. Menginjak pertengahan tahun, dirasa perlu untuk melakukan evaluasi atas pencapaian sebelumnya dan proyeksi untuk masa mendatang. Kerja sama dan hubungan baik terus digencarkan untuk mewujudkan misi optimalisasi penerimaan Negara di sektor kepabeanan dan cukai.

            Di sisi lainnya, pembahasan mengenai IT Inventory serta Monitoring dan Evaluasi menjadi poin inti dalam Halalbihalal bersama Pengusaha TPB. Masih dalam Bulan Pembinaan dan Penegakkan IT Inventory, bersama Bea Cukai Tangerang dorong peningkatan sistem IT Inventory pada Kawasan Berikat yang berada di bawah pengawasannya. Monitoring dan Evaluasi ditujukan kepada seluruh penerima fasilitas TPB yang mengacu pada Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor PER-02/BC/2019 tentang Tata Laksana Monitoring dan Evaluasi terhadap Penerima Fasilitas TPB dan Penerima Fasilitas KITE.

            Dalam suasana Halalbihalal, semakin erat kerja sama dan hubungan baik yang dapat dijalin. Terlebih dengan keberadaan Asosiasi yang mewadahi para pengusaha yang menjadi penguat komitmen pencapaian visi dan misi Kantor Bea Cukai Tangerang. Dengan begitu, cita Bea Cukai yang semakin baik pun dapat terwujud.

 

Previous Next

Senin, 8 Juli 2019 merupakan Hari Senin ke-dua di Bulan Juli ini. Bersama semangat yang semakin pasang, tak kenal lelah memberikan dedikasi terbaik untuk instansi tercinta, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Pada kesempatan di pagi yang cerah itu, dilaksanakan kegiatan rutin bagi seluruh pejabat dan pegawai Bea Cukai Tangerang di setiap bulannya, yaitu Apel.

            Rangkaian protokoler bergantian mengisi kegiatan Apel pada pagi itu. Penghormatan, langkah kaki yang tegap, dengungan semangat lagu kebanggaan Mars Bea Cukai menyeruak ke seluruh penjuru Halaman Kantor Bea Cukai Tangerang. Apel dipimpin oleh Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Aris Sudarminto. Tiba saatnya amanat, beliau menyampaikan mengenai semangat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang sekian lama tertanam. Pentingnya memupuk dan menjaga semangat itu untuk senantiasa dapat dituai dalam mengerjakan tugas pelayanan maupun pengawasan.

            Di lingkungan Bea Cukai Tangerang, seakan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) sudah di depan mata. Satu langkah lagi untuk mencapainya, dan ribuan lagi langkah pasti yang dilalui untuk mempertahankannya. Dan jangan pernah lupa bahwa di atas langit masih terdapat langit, yang tentunya mendorong semangat perubahan ke arah yang lebih baikuntuk mencapai sesuatu yang lebih baik pula.

            Pada apel bulan Juli ini, diumumkan peraih gelar Employee of the Month yang tengah memiliki dedikasi tinggi di atas rata-rata pejabat dan pegawai lainnya, yaitu Ciptono Setia Budi selaku Kepala Subseksi Pengolah Data, yang telah melahirkan sebuah inovasi di bidang teknologi dan informasi guna kelancaran dan efektivitas pelayanan di Bea Cukai Tangerang.

            Tak hanya itu, bersamaan dengan pengucapan 10 Perilaku Utama Kementerian Keuangan serta Visi dan Misi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, diperkenalkan sebuah kalimat khusus yang menggambarkan luapan semangat untuk meraih gelar Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Diharapkan, semangat ini selalu tertanam dan melebur di setiap pengabdian, tentunya demi mewujudkan Bea Cukai yang semakin baik.

            Intergitas, internal kita berkualitas!

            BeTa, kerja, karya, WBK!

 

Previous Next

“Dimana ada pertemuan, pasti ada perpisahan”              

            Setelah hampir 10 tahun mengabdi bersama Bea Cukai Tangerang, seorang srikandi Bea Cukai Tangerang menyelesaikan masa tugasnya kepada Negara di Kantor tercinta ini, Bea Cukai Tangerang. Perjalanan yang panjang serta waktu yang lama menghiasi keseharian Roswita, pelaksana pemeriksa yang bertugas di Kawasan Berikat yang diawasi oleh Bea Cukai Tangerang. Pada hari itu, Jumat, 28 Juni 2019 usai melakukan senam bersama seluruh pejabat dan pegawai, dilgelar pelepasan pegawai purna tugas, yaitu yang terkasih, Roswita.

            Beliau menyampaikan pesan bagi seluruh pejabat dan pegawai supaya tetap semangat menjalankan tugas dan fungsinya, terlebih dalam meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Serta, diutarakan kesan-kesan suka maupun duka selama bertugas di Bea Cukai Tangerang. Suasana haru menyelimuti prosesi pelepasan pagi itu. Ucapan terima kasih tak hentinya tercurah atas segala dedikasi yang telah diberikan.

            Berakhir dengan ramah tamah dan bersalam-salaman, Roswita memasuki masa purna tugasnya. Dengan didampingi Kepala kantor Bea Cukai Tangerang, Aris Sudarminto, dipersembahkan sebuah kenang-kenangan yang akan selalu menjadi pengingat akan masa-masa kebersamaan dan kekeluargaan di Bea Cukai Tangerang.

Page 1 of 29

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

332226
Hari IniHari Ini99
KemarinKemarin246
Minggu IniMinggu Ini303
Bulan IniBulan Ini2278
SemuaSemua332226
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230