Previous Next

BEA CUKAI TANGERANG GIATKAN CLUSTER MEETING DORONG KAWASAN BERIKAT MANDIRI

Setelah cukup lama tak bersua dengan formasi Cluster Meeting, kini Bea Cukai Tangerang kembali hadir dengan inovasinya tersebut. Tepatnya hari Selasa, 23 Juli 2019, dilaksanakan kegiatan Cluster Meeting yang berlokasi di PT Pratama Abadi Industry. Bersamaan dengan rekan satu cluster lainnya, PT Argo Pantes, PT Argo Manunggal Triasta, dan PT Agung Pelita Industrindo. Lagi dan lagi, kegiatan Cluster Meeting ini menaungi serta mewadahi isu-isu yang sedang hangat yang kiranya perlu melahirkan sebuah inovasi atau solusi dalam pelaksanaan teknis kepabeanan dan cukai di lapangan.

            Bersamaan dengan terbitnya pemutakhiran kategori layanan bagi para pengguna jasa di bawah pengawasan Bea Cukai Tangerang, momentum Cluster Meeting ini digunakan untuk menarik para pengguna fasilitas Kawasan Berikat yang sudah berkategori layanan Hijau untuk meningkatkan performanya menjadi Kawasan Berikat Mandiri. Bea Cukai Tangerang dengan balutan tugasnya untuk memfasilitasi perdagangan dan industri, gencarkan Kawasan Berikat Mandiri bersama Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor PER-19/BC/2018 tentang Tatalaksana Kawasan Berikat. 

            Dalam rangkaian kegiatan Cluster Meeting, sambutan demi sambutan bergulir dan dilanjutkan dengan pembahasan lebih mendetail mengenai proses bisnis Kawasan Berikat Mandiri, baik dari sisi Bea Cukai maupun dari sisi Pengusaha. Berbagai manfaat terciptanya Kawasan Berikat Mandiri dilayangkan guna menjadi dorongan bagi para pengusaha. Tak hanya untuk Bea Cukai, para pengusaha pun tentunya dapat merasakan manfaat-manfaat yang berpengaruh bagi proses bisnisnya di bidang kepabeanan.

            Selanjutnya, diskusi berjalan dengan lancar dan penuh antusias. Tak hanya bagi penerima kategori layanan Hijau, untuk mengurangi intensitas pengguna jasa yang datang ke Bea Cukai Tangerang, dibuatkan aplikasi persuratan online yang ditujukan kepada perusahaan yang memiliki kategori layanan Kuning. Inovasi dan solusi tentu selalu tersedia untuk peningkatan kualitas pelayanan bagi para pengguna jasa Bea Cukai Tangerang.

            Selain itu, studi banding juga diperlukan guna mencari role model dengan yang sudah terlebih dahulu menjadi Kawasan Berikat Mandiri. Bea Cukai Tangerang juga senantiasa memberikan pelayanan dan pendampingan atas keinginan dan niat baik Perusahaan yang ingin menjadi Kawasan Berikat Mandiri. Terakhir, pemaparan mengenai Lean Enterprise PT Pratama Abadi Industry kepada Bea Cukai Tangerang untuk menjadi cerminan dan peningkatan mutu penerapan Lean Management di Bea Cukai Tangerang.

            Perbaikan dapat berupa apa saja dan dapat dimulai darimana saja. Dengan terlaksananya kegiatan Cluster Meeting ini diharapkan dapat menjadi wadah setiap pertanyaan dan jawaban, serta wadah setiap masalah dan solusi kepabeanan maupun cukai. Dengan terhimpunnya setiap masalah yang ada, solusi terbaik tentu dapat disepakati. Bersama, bangun Bea Cukai Tangerang yang semakin baik. 

 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

342672
Hari IniHari Ini315
KemarinKemarin408
Minggu IniMinggu Ini1442
Bulan IniBulan Ini7950
SemuaSemua342672
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230