Previous Next

BEA CUKAI TANGERANG LAUNCHING APLIKASI PERIZINAN ONLINE BERTAJUK E-SUBMIT

Peningkatan kualitas layanan publik tentu menjadi salah satu tujuan utama dari pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi, Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Demi mewujudkannya, segala upaya termasuk melahirkan inovasi-inovasi terbaiknya terus dilakukan. Pelayanan prima menjadi tonggak utama dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai Bea Cukai selain hal akurasi pengawasan.

            Pada penghujung bulan Juli ini, Bea Cukai Tangerang lagi-lagi melahirkan inovasinya dalam bidang pelayanan. Kali ini mengingat kemajuan teknologi informasi dan kecepatan internet yang semakin melejit, Bea Cukai Tangerang memberikan solusi layanan administrasi yang mudah, cepat, dan paperless. Aplikasi Layanan Perizinan Online yang bertajuk E-submit, Electronic Submission for Correspondences merupakan layanan pengajuan surat permohonan dan penerimaan surat persetujuan secara elektronik yang pada hari Selasa, 30 Juli 2019 secara resmi dikeluarkan oleh Aris Sudarminto selaku Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang dalam acara Launching dan Sosialisasi E-submit.

            Aplikasi E-submit ini diluncurkan dalam rangka memberikan kesempatan bagi Perusahaan yang memiliki kategori layanan Kuning untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik, sehingga dapat mendorong performa Perusahaan untuk mendapatkan kategori layanan Hijau di kemudian hari. Lahirnya Aplikasi E-submit bertujuan untuk mengurangi tatap muka dengan pengguna jasa, yang artinya memangkas waktu, biaya, dan juga tenaga yang dikeluarkan Perusahaan setiap mengunjungi Bea Cukai Tangerang.

            Tak hanya efisiensi, percepatan atas penerimaan surat permohonan dan pemberian surat persetujuan pun menjadi salah satu tujuan yang dianggap menguntungkan bagi Perusahaan. Dan yang paling penting, adanya Aplikasi E-submit ini tentunya mendukung kebijakan go green dan digitalisasi dokumen.

            Acara Launching dan Sosialisasi E-submit yang dilaksanakan di Ruang Aula Lantai 3 Kantor Bea Cukai Tangerang, dibuka oleh sambutan Aris Sudarminto selaku Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang. Dalam sambutannya, disampaikan harapan keikutsertaan dukungan para pengguna jasa supaya inovasi ini dapat berjalan dengan lancar dan sebaik-baiknya, juga dapat dikomunikasikan. Kemudian, tanpa berlama-lama dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ciptono Setia Budi selaku Kepala Subseksi Pengolahan Data yang juga merupakan pencetus Aplikasi E-submit terkait pengenalan dan tutorial penggunaan Aplikasi E-submit, baik dari sisi Perusahaan maupun dari sisi petugas Bea Cukai.

            Setelah dilakukan uji coba pada beberapa waktu lalu, manfaat yang menguntungkan juga dirasakan oleh Perusahaan, yang dituangkan dalam testimoni oleh perwakilan PT Nitto Alam Indonesia, PT Gabri Indo Italy, dan PT Busana Remaja Agracipta. Disampaikan oleh ketiganya, bahwa atas diberlakukannya Aplikasi E-submit, diucapkan terima kasih dan apresiasi atas lahirnya Aplikasi E-submit karena banyak keuntungan yang dapat diraup, diantaranya efisiensi waktu, biaya dan tenaga. Kemudian, terdapat masukan-masukan atas Aplikasi E-submit yang menjadi bahan perbaikan bagi Bea Cukai Tangerang untuk selalu mengembangkan inovasinya yang tiada henti.

            Kemudian, berlangsung sesi diskusi dan tanya jawab bersama pemateri yang ternyata mengundang antusias Perusahaan yang datang untuk menyampaikan pertanyaannya. Terjawabnya seluruh pertanyaan yang dilontarkan sekaligus mengakhiri perjumpaan dalam perhelatan acara Launching dan Sosialisasi E-submit. Diharapkan seluruh pengguna jasa di berbagai kategori layanan mendapatkan kepuasan atas pelayanan prima dari inovasi-inovasi yang dilahirkan oleh Bea Cukai Tangerang. Dalam hal ini perwujudan implementasi poin ke-10 pada 10 Perilaku Utama Kementerian Keuangan berupa pengembangan inovasi dan kreativitas menjadi dasar dan semangat untuk mewujudkan Bea Cukai Tangerang yang semakin baik.

 

 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

342671
Hari IniHari Ini314
KemarinKemarin408
Minggu IniMinggu Ini1441
Bulan IniBulan Ini7949
SemuaSemua342671
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230