Previous Next

BEA CUKAI TANGERANG KUKUHKAN 11 KAWASAN BERIKAT MANDIRI

Mengawali tahun 2019, Bea Cukai Tangerang berhasil melahirkan Kawasan Berikat Mandiri yang melakukan pelayanan mandiri atas kegiatan operasionalnya di Kawasan Berikat. Sebuah inovasi penyempurnaan fasilitas pada salah satu bentuk Tempat Penimbunan Berikat oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Lahir dengan jumlah 3 perusahaan, antara lain PT Victory Chingluh Indonesia, PT Panarub Industry, dan PT Pancaprima Ekabrothers, Bea Cukai Tangerang tak jua merasa puas atas pencapaiannya itu. Menginjak semester kedua ini, dikandidatkan sebanyak 11 perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat yang kemudian akan melaksanakan pelayanan mandiri.

            Mekanisme penunjukan Kawasan Berikat Mandiri oleh Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Aris Sudarminto, saat itu berdasarkan profiling dan seleksi internal yang ketat dengan berbagai parmeter yang dinilai. 11 perusahaan dimaksud menjadi rentetan perusahaan yang beruntung karena berhasil lolos kualifikasi Kawasan Berkat Mandiri. Lagi lagi, bukan hal yang mudah untuk menentukan dan membebankan proses bisnis kepabeanan kepada perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat.

            Namun, seiring berjalannya waktu, eksistensi Kawasan Berikat Mandiri kini difasilitasi secara penuh oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai melalui Bea Cukai Tangerang dengan menggenggam prinsip “Trust and Verified”. Dijelaskan oleh Aris Sudarminto, bahwa perusahaan yang kini maju ialah perusahaan yang menggenggam prinsip “self service” atau yang melayani dirinya sendiri. Hal ini diimbangi dengan dinamika dunia industri yang terus menuntut peningkatan frekuensi kegiatan Kawasan Berikat dengan volume yang tinggi dan memerlukan layanan kepabeanan 24/7.

            Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai I, Aflachul, pun berkomentar dan memaparkan program Kawasan Berikat Mandiri yang saat ini menjadi highlight menarik. Dengan melakukan pelayanan mandiri atas kegiatan operasionalnya, manfaat lebih tentu dapat diraup, diantaranya tak lagi bergantung dengan petugas yang datang. Dan tentunya sejalan dengan program Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang sedang ditapaki oleh Bea Cukai Tangerang karena mengurangi intensitas pertemuan antara petugas Bea Cukai dengan para pemangku kepentingan.

            Tak hanya dari sisi pelayanan, dalam hal pengawasan pun tak kalah memberikan manfaat untuk para pengguna fasilitas Kawasan Berikat Mandiri, yaitu persentase pemeriksaan pabean turun menjadi 1% yang sebelumnya 10%, dan juga dapat dilaksanakannya monitoring dan evaluasi mandiri oleh perusahaan pengguna fasilitas Kawasan Berikat Mandiri. Diharapkan dengan dikukuhkannya 11 kandidat Kawasan Berikat Mandiri oleh Bea Cukai Tangerang menjadi semangat perbaikan dan mendorong performa perusahaan pengguna fasilitas Kawasan Berikat untuk dapat melakukan pelayanan secara mandiri.

            Bea Cukai Tangerang semakin baik dengan mengawasi, melayani, dan memfasilitasi!

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

342671
Hari IniHari Ini314
KemarinKemarin408
Minggu IniMinggu Ini1441
Bulan IniBulan Ini7949
SemuaSemua342671
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230