Previous Next

BEA CUKAI TANGERANG UJI COBA PENGEMBANGAN APLIKASI CUKAI PENGUSAHA VAPE

Jumat, 9 Agustus 2019 bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Bea Cukai Tangerang, dilaksanakan Piloting Aplikasi Cukai HPTL kepada PT Indo Emkay Abadi. Piloting Aplikasi Cukai HPTL dilaksanakan dalam rangka menyederhanakan prosedur dan memudahkan pengusaha/pengguna jasa di bidang cukai. Tak hanya itu, Aplikasi ini digadang-gadang juga untuk menghemat energi, waktu dan biaya, serta meningkatkan kecepatan pelayanan, penyampaian dokumen maupun pelaporan. Aplikasi Cukai yang dilakukan uji coba ini bertajuk ExSIS/SAC3 (Excise Service Information System/Sistem Aplikasi Cukai Versi 3).

            Di era digital elektronik yang terus berkembang, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai melalui Bea Cukai Tangerang tak henti membuat terobosan di sisi pelayanan yang berbasis pada teknologi. “Aplikasi ini akan mempermudah pengguna jasa dalam transaksi di bidang cukai” papar Metodious Supriyanto, Kepala Seksi Perizinan dan Fasilitas I, Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai. Terbukti, Aplikasi Cukai yang telah lahir sebelumnya, yaitu SAC1 dan SAC2 yang saat ini disempurnakan menjadi ExSIS/SAC3 bertujuan untuk meningkatkan efisiensi waktu para pengguna jasa di bidang cukai karena dapat diakses secara online.

            Adapun layanan yang bisa dilakukan secara online menggunakan Aplikasi ExSIS/SAC3 meliputi penyediaan dan pemesanan pita cukai (P3C), penyediaan pita cukai (CK-1/1A), sistem pelaporan hasil produksi cukai (CK-4), dan pelindung dokumen pengangkutan cukai (CK-5/CK-6). Aris Sudarminto selaku Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang pun menegaskan bahwa upaya digitalisasi ini guna mewujudkan Wilayah bebas dari Korupsi (WBK) dengan mengurangi intensitas pertemuan antara petugas Bea Cukai dengan para pemangku kepentingan (stakeholder).

            Kini, pengguna jasa di bidang cukai merasa dimudahkan dalam bermitra dengan Bea Cukai Tangerang. Atas terobosan-terobosan yang telah dilahirkan, apresiasi terus mengalir kepada petugas Bea Cukai Tangerang, maupun petugas Bea Cukai di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, serta petugas Bea Cukai di seluruh Indonesia. Dengan ini, kepatuhan pengguna jasa pun dapat digenggam, sinergi dapat dibangun, sejalan dengan pengawasan dan pelayanan yang diberikan.

            Berakhirnya kegiatan uji coba dalam Piloting Aplikasi Cukai HPTL yang bertajuk ExSIS/SAC3 diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat bagi pengguna jasa maupun di sisi Bea Cukai. Teguhkan inovasi sebagai kunci perubahan, wujudkan Bea Cukai Tangerang yang semakin baik.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

369542
Hari IniHari Ini532
KemarinKemarin703
Minggu IniMinggu Ini339
Bulan IniBulan Ini7944
SemuaSemua369542
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230