Previous Next

BEA CUKAI TANGERANG SEMPURNAKAN LAYANAN MELALUI LEAN GOVERNMENT

Tangerang Selatan, 16/08/2019. Bea Cukai Tangerang (BeTa) semakin konsisten dengan komitmennya untuk memberikan layanan publik yang cepat, efisien, dan berkepastian hukum. Kamis, 15 Agustus 2019, dilakukan rapat penetapan program KAIZEN Event atas prosedur yang akan dilakukan lean major untuk semester II tahun 2019. Rapat yang diketuai oleh koordinator Lean Government, Ari Nugraheni, diikuti oleh seluruh unit. Rapat penetapan tersebut merupakan lanjutan dari rapat sebelumnya terkait pemilihan prosedur yang akan dijadikan proyek lean major dari tiap unit. Dari seluruh unit yang mengajukan, dipilihlah sebanyak tiga prosedur. Prosedur tersebut adalah proses penerbitan surat perintah pejabat pelaksana harian (Plh.) eselon IV, proses penerbitan surat perintah pejabat pelaksana harian (Plh.) eselon V (Kepala Subseksi Hanggar Pabean dan Cukai), dan proses penerbitan surat tugas pemeriksaan yang merupakan tugas pokok dari Subbagian Umum. Dengan suksesnya lean atas prosedur tersebut, diharapkan kegiatan penerbitan surat tugas dan pelaksana harian serta manajemen arsip akan semakin cepat dan optimal. Sehingga pada akhirnya layanan kepada para pengguna jasa dan kegiatan pengawasan menjadi lebih efektif dan efisien.

            Lean sendiri berarti langsing, yang berasal dari penghilangan hal-hal yang tidak perlu (eliminating the waste). Program lean di BeTa diawali sejak bulan Maret 2018 yang dimulai dengan pelatihan serta implementasi awal atas layanan pemusnahan dan perusakan barang dari unit Pelayanan Kepabeanan dan Cukai. Semuanya berjalan sukses dan berhasil memotong prosedur dari dua hari kerja menjadi lebih singkat. Selanjutnya, dilaksanakan KAIZEN Event untuk semester I 2019 dengan prosedur yang dilakukan lean adalah layanan pengembalian jaminan terkait pekerjaan subkontrak, layanan pemusnahan dan perusakan barang, dan layanan konfirmasi status dokumen TPB dalam rangka perubahan/pembatalan dokumen TPB. Dari event tersebut, dua prosedur pertama telah selesai dan satu prosedur terakhir masih dalam tahap penyelesaian instruksi kerja.

            Lean Government telah menjadi budaya di BeTa melalui penetapannya dalam Indikator Kinerja Utama (IKU) baik untuk tingkat Kantor, unit, bahkan pelaksana. Untuk pelaksana, tiap orang yang ada di gedung induk diwajibkan menyampaikan usulan satu lean minor setiap triwulan dan ditetapkan dalam IKU sebagai targetnya. Tiga usulan terbaik mendapat penghargaan dari Kepala Kantor. Sedangkan untuk tingkat unit, masing-masing seksi diwajibkan menyampaikan usulan lean major setiap semester. Hasilnya menjadi target IKU bagi Kepala Kantor untuk diukur keberhasilannya dalam menerapkan lean government ini.

            Sebagai bagian dari budaya dan praktik manajemen modern, penerapan lean government di BeTa telah menjadi siklus rutin setiap triwulan dan semesternya. Pengusulan lean minor, dan lean major, penetapan KAIZEN Event serta evaluasi dan monitoringnya menjadi bagian dari tekad BeTa melakukan perbaikan terus-menerus dengan mengembangkan inovasi dan kreativitas menuju Bea Cukai makin baik.

 

 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

354175
Hari IniHari Ini69
KemarinKemarin431
Minggu IniMinggu Ini3188
Bulan IniBulan Ini7048
SemuaSemua354175
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230