Previous Next

PRESS RELEASE PEMUSNAHAN ROKOK ILEGAL HASIL TANGKAPAN BEACUKAI TANGERANG

SIARAN PERS

Nomor : PERS-02/WBC.07/KPP.MP.02/2019

ROKOK ILEGAL HASIL TANGKAPAN BEA CUKAI TANGERANG DIMUSNAHKAN KEJAKSAAN NEGERI TANGERANG SELATAN

Tangerang Selatan (30/08/2019) – Pada tanggal 30 Agustus 2019 dilaksanakan pemusnahan barang bukti perkara pidana umum dan pidana khusus di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan. Sejumlah 131 perkara yang terdiri dari 130 perkara pidana umum dan 1 lainnya perkara pidana khusus, berhasil dimusnahkan barang buktinya. Perkara pidana khusus dimaksud merupakan tindak pidana di bidang Cukai yang didapati oleh petugas Bea Cukai Tangerang. Pemusnahan dilakukan sebagai pelaksanaan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap, serta pengamanan dan mencegah penyalahgunaan barang bukti.

Barang bukti perkara tindak pidana di bidang Cukai merupakan rokok ilegal yang tidak berpita cukai serta berpita cukai palsu yang sukses menjadi hasil tangkapan petugas Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Tangerang akhir tahun 2018 lalu. Barang bukti berupa rokok ilegal yang dimusnahkan sejumlah 208.800 batang atau 52 bal rokok ilegal yang dilekati pita cukai palsu dan 5 slop rokok ilegal tak berpita cukai.

Tepat setahun lalu, tindak pidana di bidang Cukai ini dilakukan dengan menawarkan, menyerahkan, menjual, atau menyediakan untuk dijual barang kena cukai yang tidak dikemas untuk penjualan eceran atau tidak dilekati pita cukai atau tidak dibubuhi tanda pelunasan cukai lainnya. Tindakan tersebut telah melanggar ketentuan di bidang Cukai sesuai pasal 54 dan/atau pasal 56 Undang-undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai dan diancam hukuman pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun dan/atau pidana denda paling sedikit 2 (dua) kali nilai cukai dan paling banyak 10 (sepuluh) kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.

Tindak pidana di bidang Cukai dilakukan oleh terpidana berinisial HW dan mendapat putusan hukuman selama 1 tahun 6 bulan kurungan. Sampai dengan barang bukti berupa rokok ilegal hasil tindak pidana di bidang Cukai dimusnahkan, pelaku masih menjalani hukuman di Lembaga Pemasyaratakan (Lapas) Kota Tangerang. Tindak pidana di bidang Cukai yang dilakukan tak lain dipicu oleh motifnya mencari keuntungan. Sehingga, terhadap tindak pidana peredaran rokok ilegal yang terjadi di wilayah pengawasan Bea Cukai Tangerang mengakibatkan potensi kerugian Negara sebesar kurang lebih Rp 80 juta.

Pemusnahan atas barang bukti perkara tindak pidana di bidang Cukai merupakan tindaklanjut atas kasus penindakan dan penyidikan yang diserahkan Bea Cukai Tangerang kepada Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan. Dengan berakhirnya rangkaian pemusnahan barang bukti perkara pidana umum dan pidana khusus, menjadi pengingat kembali risiko hukum yang membayangi para pengedar rokok ilegal.

Dengan peran serta masyarakat dan dukungan sinergi penegak hukum lainnya, komitmen Bea Cukai Tangerang untuk melindungi dari penyelundupan dan perdagangan ilegal sebagaimana termaktub dalam misinya dapat berjalan dengan lancar dan mampu menyinambungkan Bea Cukai yang semakin baik.

Kepala Kantor

Ttd

 Aris Sudarminto

 

 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

354175
Hari IniHari Ini69
KemarinKemarin431
Minggu IniMinggu Ini3188
Bulan IniBulan Ini7048
SemuaSemua354175
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230