Previous Next

BEA CUKAI TANGERANG GELAR SOSIALISASI, INGATKAN KEWAJIBAN PENCATATAN BAGI PENGUSAHA VAPE

Tangerang Selatan, 19 September 2019 dilaksanakan kegiatan sosialisasi dalam rangka meningkatkan kepatuhan bagi pengguna layanan khususnya di bidang Cukai. Kegiatan sosialisasi mengangkat tema mengenai kewajiban pencatatan sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor 94/PMK.04/2018 dan dilaksanakan di Ruang Aula Kantor Bea Cukai Tangerang. Kegiatan sosialisasi ditujukan bagi para pengusaha Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) atau yang biasa disebut vape. Baik pengusaha pabrik maupun importir vape yang memiliki izin diwajibkan untuk melakukan pencatatan atas proses bisnis yang dijalankannya.

            Sosialisasi yang dibuka oleh Aris Sudarminto selaku Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang berlangsung penuh antusias. Sejalan dengan tujuan Bea Cukai Tangerang dalam meningkatkan kepatuhan para pengguna layanan, sosialisasi ini digelar sebagai upaya atas pencegahan pelanggaran di bidang Cukai serta sebagai pengingat terhadap kewajiban pengguna layanan yang harus dilakukan. Disampaikan oleh Aris, harapan dilayangkan kepada para pengusaha vape supaya kewajiban administrasi tersebut dapat berjalan dengan baik dan tertib, serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

            Sebagaimana mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan nomor 94/PMK.04/2018 tentang Kewajiban Melakukan Pencatatan bagi Pengusaha Pabrik Skala Kecil, Penyalur Skala Kecil yang Wajib Memiliki Izin, dan Pengusaha Tempat Penjualan Eceran yang Wajib Memiliki Izin, para pengusaha vape diberikan pedoman untuk melakukan pencatatan juga dibantu dengan tutorial pengisian form-form pencatatan, juga pelaporan di bidang Cukai oleh petugas Bea Cukai Tangerang.

            Sosialisasi sudah menjadi bagian dari tugas melayani dan mengedukasi guna mewujudkan Bea Cukai yang semakin baik. Eratnya hubungan yang dijalin atas dasar ketulusan dan integritas tinggi menjadi kunci untuk mencapai misi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Memfasilitasi perdagangan dan industri, hingga bermuara pada optimalnya penerimaan Negara dalam hal ini di sektor Cukai. Dengan demikian, peran Bea Cukai kepada masyarakat dapat dirasakan secara proporsional dan sesuai kebutuhan publik dari masa ke masa.

 

 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

369544
Hari IniHari Ini534
KemarinKemarin703
Minggu IniMinggu Ini341
Bulan IniBulan Ini7946
SemuaSemua369544
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230