Previous Next

BEA CUKAI TANGERANG BERSAMA KLHK REEKSPOR LIMBAH PLASTIK TERCAMPUR SAMPAH DAN LIMBAH B3

Jakarta Utara, 18 September 2019 dilaksanakan konferensi pers mengenai tindak lanjut atas maraknya impor limbah plastik yang tercampur sampah dan limbah bahan beracun dan berbahaya (B3). Konferensi pers digelar di Terminal Petikemas Koja, Jakarta Utara oleh KPU Bea Cukai Tanjung Priok bersama Kantor Wilayah DJBC Banten. Tindakan tegas berupa ekspor kembali limbah plastik yang tercampur sampah dan limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) lahir atas sinergi yang dibangun Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

            Impor limbah plastik yang tercampur sampah dan limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) salah satunya dilakukan oleh tiga perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat di wilayah pengawasan Bea Cukai Tangerang. Bea Cukai Tangerang melakukan koordinasi dengan KLHK untuk melakukan pemeriksaan bersama dan didapati sebagian kontainer terkontaminasi sampah/limbah B3 serta direkomendasikan untuk dikembalikan ke Negara asal, sementara kontainer lainnya dinyatakan bersih dan diberikan izin untuk dipakai sebagai bahan baku.

            Sinergi yang dibangun antara Bea Cukai dan KLHK juga bertujuan untuk saling mendukung kelestarian lingkungan hidup tentunya di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu, sudah menjadi salah satu tugas Bea Cukai untuk senantiasa melindungi masyarakat dari masuknya potensi barang beracun dan berbahaya.

            Tindakan tegas ini menjadi bukti bahwa Bea Cukai bertanggung jawab untuk memastikan setiap kegiatan importasi berjalan sesuai dengan ketentuan. Tak hanya itu, khususnya Bea Cukai Tangerang yang juga mengawasi perusahaan pengguna fasilitas Kawasan Berikat pelaku importasi pun meningkatkan akurasi pengawasannya dengan penindakan maupun pencegahan yang dilakukan. Upaya peningkatan kepatuhan para perusahaan sebagai pengguna layanan pun tak hentinya dilakukan, baik melalui asistensi dan bimbingan maupun pendekatan lainnya.

            Koordinasi dan sinergi terus dijalin sebagai wujud kerja sama pemerintah demi Indonesia yang maju bersama Bea Cukai yang semakin baik.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

369541
Hari IniHari Ini531
KemarinKemarin703
Minggu IniMinggu Ini338
Bulan IniBulan Ini7943
SemuaSemua369541
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230