Previous Next

BEA CUKAI TANGERANG EDUKASI KITE IKM KE PENGRAJIN KULIT REPTIL

Tangerang Selatan, 12 November 2019. Implementasi tugas dan fungsi sebagai fasilitator perdagangan dan industri, Bea Cukai Tangerang (BeTa) bersama Kantor Wilayah DJBC Banten (Kaban) bertandang ke salah satu Industri Kecil dan Menengah (IKM) di wilayah pengawasan BeTa. Terletak di wilayah Cisoka, Kabupaten Tangerang, IKM yang kami datangi bergerak di bidang produksi tas dan aksesoris berbahan baku utama kulit reptil. CV Adya Cipta, pengrajin tas, dompet dan aksesoris lainnya.

            Memiliki potensi ekspor yang meningkat, BeTa memutuskan untuk memperkenalkan salah satu fasilitas kepabeanan yang dapat dinikmati oleh CV Adya Cipta selaku IKM. Kemudahan Impor Tujuan Ekspor untuk Industri Kecil dan Menengah (KITE IKM), fasilitas kepabeanan yang memberikan kemudahan bagi para IKM berupa pembebasan Bea Masuk serta tidak dipungut PPN atas impor bahan untuk diolah, dirakit, atau dipasang untuk tujuan ekspor.

            Kepada CV Adya Cipta diberikan edukasi dan bimbingan mengenai kriteria dan ketentuan KITE IKM, keuntungan, serta manfaatnya. Dalam balutan tajuk Customs Visits Customer, kunjungan ini ditujukan untuk mendorong para pelaku usaha, khususnya IKM untuk memajukan produksi dalam Negeri hingga dapat bersaing di kancah internasional. Dan sampai saat ini, CV Adya Cipta telah memasarkan produknya hingga ke Negeri ginseng, Korea Selatan.

            Diharapkan dengan penggunaan fasilitas secara optimal di kemudian hari dapat meningkatkan produktivitas usaha dan gencarkan ekspor. Didampingi Partogi Siahaan (Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat) dan Wisnu Nuryanto (Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi), CV Adya Cipta menyampaikan kondisi serta kendala yang dihadapi dalam proses bisnisnya memproduksi tas, dompet, dan aksesoris dari kulit reptil hingga bisa diekspor. Dengan berdasar pada ketentuan perundangan dan tanpa menepikan rasa kemanusiaan, diberikan saran serta solusi untuk membantu lancarnya industri aksesoris kulit reptil tersebut.

            Bimbingan dan asistensi selanjutnya tentu dapat dinikmati oleh para IKM yang berminat menggunakan fasilitas kepabeanan seperti KITE IKM. Tak hanya di Tangerang Raya, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) kini memfasilitasi industri secara merata di seluruh Indonesia. Terlaksananya misi fasilitasi DJBC di Kantor BeTa tentu menjadi perwujudan Bea Cukai yang semakin baik.

            Salam fasilitas!

 

 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

401177
Hari IniHari Ini260
KemarinKemarin557
Minggu IniMinggu Ini1898
Bulan IniBulan Ini6275
SemuaSemua401177
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230