Previous Next

PERKUAT KOMITMEN, BEA CUKAI TANGERANG DAMPINGI PARDIC JAYA CHEMICALS RETRAINING AEO

Tangerang, 19/11/2019. Suara cetar membahana Yuwono Sutiasmaji memenuhi ruang pelatihan PT Pardic Jaya Chemicals (PJC) yang berlokasi di Tangerang, Banten. Narasinya yang berapi-api menjelaskan konsep AEO (Authorized Economic Operator) berhasil menarik perhatian para hadirin yang merupakan karyawan dari berbagai divisi di PJC antusias memperhatikannya. Setelah lebih dari dua tahun, sejak 31 Agustus 2019, PJC memegang sertifikat AEO. Hari ini PJC mengadakan penyegaran dan retraining AEO Awareness kepada para pegawainya dari berbagai bagian di hampir seluruh lini perusahaannya, termasuk personil security. Training ini merupakan kewajiban bagi pemegang sertifikat AEO sebagai upaya menjaga keberlangsungan sertifikasinya sekaligus memastikan seluruh elemen perusahaan telah memahami esensi dari AEO secara utuh. Diharapkan, awareness yang tersebar merata di seluruh karyawan perusahaan akan mempekokoh keberadaan dan manfaatnya bagi perusahaan yang bersangkutan.

Menghadirkan Yuwono Sutiasmaji selaku Kepala Seksi Monitoring dan Evaluasi Subdirektorat Program Prioritas dan AEO Direktorat Teknis Kepabeanan Kantor Pusat Direktorat Jenderal dan Cukai (DJBC) acara retraining menjadi meriah. Retorika penyampaiannya berhasil memancing diskusi dan dialog interaktif dari segenap hadirin. Apalagi peserta yang aktif dijamu bingkisan menarik menambah semangat mereka. Sebelumnya, kegiatan dibuka oleh Iwan Hermawan selaku Direktur PJC. Keseriusan beliau menunjukan komitmen yang tinggi dari unsur pimpinan PJC akan pentingnya AEO. “Kegiatan ini sesuai dengan persyaratan AEO yang kelima yaitu mempunyai sistem pendidikan, pelatihan, dan kepedulian dan hari ini kita buktikan bahwa PJC memiliki syarat tersebut” ungkap Iwan disambut tepuk tangan seluruh peserta.

Lebih lanjut, pemaparan Yuwono yang bersemangat ditimpali dengan banyaknya pertanyaan yang menyertai sepanjang materi dijelaskan. “Kita perlu sampaikan ucapan terima kasih kepada security” urai Yuwono disambut aplaus yang lain. “Merekalah yang membuat kita pertama kali tahu bahwa PJC adalah AEO” sambungnya. Bagi sebagian peserta, kegiatan ini mengulang, namun sebagain besar belum pernah mendapatkannya sedetail hari ini langsung dari ahlinya. Termasuk bagian yang terakhir adalah para security yang hari ini hadir menjadi peserta. Yuwono juga menekankan dipenuhinya kewajiban atas pembayaran berkala yang merupakan perlakuan kepabeanan tertentu yang digunakan oleh PJC. “Kewajiban pembayaran berkala bulan Desember harus diselesaikan paling lambat tanggal 20’’ ingat Yuwono. Selain itu, Yuwono pun mengingatkan kembali pentingnya tiga tata nilai budaya AEO. Setiap perusahaan AEO wajib mengetahui dan menghidupkan nilai ini, yaitu partnership, own responsibility, dan mutual trust. Terealisasinya nilai-nilai tersebut akan mendukung kebermanfaatan AEO yang lebih nyata.

Selanjutnya, dijelaskan pula monitoring dan evaluasi (monev) AEO sebagai salah satu kewajiban dalam menjaga kondisi dan 13 hal yang dipersyaratkan dalam AEO tetap terjamin. “Jika monev tidak dilaksanakan bisa berakibat pada pembekuan AEO yang berarti berbagai kemudahan tidak bisa diperoleh” ingat Yuwono. Yuwono pun mengakhiri paparannya dengan menjelaskan kewajiban audit internal yang harus dilaksanakan minimal setahun sekali.

Sebelum ditutup, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Wisnu Nuryanto selaku Client Manager dari Bea Cukai Tangerang (BeTa) menambahkan peran BeTa bagi AEO. Sebagai kantor yang mengawasi salah satunya perusahaan penerima fasilitas, BeTa melalui client manager-nya menjamin seluruh keperluan perusahaan AEO terkait kepabeanan, terutama perlakuan tertentunya. Mengingat PJC juga melakukan ekspor, tak lupa Wisnu menjelaskan beberapa fasilitas dalam rangka ekspor yang dapat digunakan oleh PJC. Diantaranya adalah kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) sehingga diharapkan PJC akan lebih kompetitif baik dari sisi biaya yang lebih murah maupun keunggulan arus kas yang dihemat dari bea masuk dan PPN yang dibebaskan.

 

 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

401176
Hari IniHari Ini259
KemarinKemarin557
Minggu IniMinggu Ini1897
Bulan IniBulan Ini6274
SemuaSemua401176
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230