Previous Next

UNDANG KLHK, BEA CUKAI TANGERANG ADAKAN WORKSHOP TEKNIS PEMERIKSAAN LIMBAH NON-B3

Tangerang Selatan, 25 November 2019 – Semakin maraknya Importasi Limbah Non-Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dengan tujuan pemasukan ke Tempat Penimbunan Berikat (TPB) di bawah pengawasan Bea Cukai Tangerang, Bea Cukai Tangerang gelar P2KP dalam balutan Workshop Teknis Pemeriksaan Limbah Non-B3 bersama seluruh petugas lapangan di wilayah kerja Bea Cukai Tangerang. Workshop dilaksanakan di Ruang Aula Lantai 3 Kantor Bea Cukai Tangerang dan dihadiri oleh Kepala Kantor, Aris Sudarminto beserta perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dengan dikumandangi Mars Bea dan Cukai, Bea Cukai Tangerang menyambut baik kedatangan perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tak lupa sambutan dari Kepala Kantor, Aris Sudarminto mengenai peran Bea Cukai di Indonesia terutama yang berkaitan dengan penanganan dan pengelolaan limbah non-B3.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ir. Achmad Gunawan Widjaksono, MAS selaku Direktur Verifikasi Pengelolaan Limbah B3 dan Limbah Non-B3. Pembahasan dari definisi limbah, limbah B3, limbah non-B3, dan sampah secara umum, alasan mengapa limbah B3 perlu dikelola, prinsip-prinsip pengelolaan limbah, maupun kebijakan impor limbah non-B3 tak luput dari pemaparan. Kemudian ditegaskan pula mengenai kriteria limbah non-B3 yang dapat diimpor antara lain, tidak berasal dari kegiatan landfill, bukan sampah dan tidak tercampur sampah, tidak terkontaminasi B3 dan limbah B3, dan homogen.

Pendalaman pemahaman pun dilakukan dengan pemaparan mengenai teknis pemeriksaan terhadap limbah non-B3 berupa kertas, logam dan plastik oleh Rima Yulianti selaku Kepala Seksi Notifikasi Limbah B3 dan Limbah Non-B3. Dipaparkan secara rinci mulai dari awal pembukaan segel dan dua pintu peti kemas, identifikasi awal secara visual, pembongkaran, identifikasi jenis material ikutan/pengotor serta langkah terakhir adalah pemberian sampel. Pemaparan materi ditutup dengan sesi diskusi dengan beberapa lontaran pertanyaan.

Dengan sigap, para narasumber menjawab pertanyaan dari para peserta. Dimulai dari standardisasi pemeriksaan limbah oleh surveyor, bagan alir kasus impor limbah non-B3, reekspor limbah, kerap ditanyakan dalam sesi diskusi. Terjawabnya semua pertanyaan menyudahi kegiatan Workshop Teknis Pemeriksaan Limbah Non-B3. Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan workshop ini, seluruh peserta dapat memahami pentingnya penanganan dan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap limbah non-B3 dengan tujuan masuk Tempat Penimbunan Berikat, terutama dalam menjalankan salah satu fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, yaitu untuk senantiasa melindungi masyarakat dari potensi masuknya barang beracun dan berbahaya.

Bea Cukai Makin Baik!

 

 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

401175
Hari IniHari Ini258
KemarinKemarin557
Minggu IniMinggu Ini1896
Bulan IniBulan Ini6273
SemuaSemua401175
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230