Previous Next

Kantor Wilayah Bea Cukai Banten bersama dengan Kejaksaan Tinggi Banten melaksanakan Pemusnahan

Kantor Wilayah Bea Cukai Banten bersama dengan Kejaksaan Tinggi Banten melaksanakan Pemusnahan Barang Milik Negara dan Barang Bukti yang telah diputus Pengadilan Negeri dirampas untuk Negara eks Penindakan di lingkungan Kantor VVilayah Bea Cukai Banten periode tahun 2018 s.d. 2019 bertempat di Pelabuhan Merak Mas, J1. Pulorida No. 72 Merak, Cilegon.

Barang Hasil Penindakan yang dimusnahkan tersebut berasal dari 77 penindakan atas pelanggaran UU Cukai yang berhasil digagalkan oleh Kanwil Bea Cukai Banten, Kantor Bea Cukai Merak, dan Kantor Bea Cukai Tangerang, yaitu 4.474 botol minuman beralkohol eks impor, 2.029,80 liter minuman beralkohol tradisional jenis ciu, 3.066.208 batang rokok, 101,70 liter liquid vape dan 1,10 liter essence liquid vape, dan 240 botol Minuman Beralkohol eks. Impor dan lokal.

Modus pelanggaran UU Cukai yang dilakukan oleh pelaku yaitu menjual minuman beralkohol tanpa ijin NPPBKC, dan menjual minuman beralkohol, rokok, dan liquid vape yang dilekati pita cukai palsu dan/atau tidak dilekati pita cukai.

Nilai Barang Hasil Penindakan yang dimusnahkan sebesar Rp 3,16 Miliar dan potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan sebesar Rp 4,45 Miliar serta kerugian imateril berupa gangguan kesehatan, ketertiban, dan keamanan yang bisa dialami oleh masyarakat.

Kanwil Bea Cukai Banten, Kantor Bea Cukai Merak, dan Kantor Bea Cukai Tangerang telah melakukan koordinasi dengan Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Banten, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Serang, dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Tangerang 11 atas peruntukan Barang Milik Negara eks penindakan tersebut dan telah ditetapkan untuk DIMUSNAHKAN. Sedangkan Barang Hasil Penindakan yang disita Penyidik Bea Cukai sebagai Barang Bukti telah diputus Pengadilan Negeri dirampas Negara untuk DIMUSNAHKAN.

Proses pemusnahan minuman beralkohol (kemasan botol) dan liquid vape dimusnahkan dengan cara digilas menggunakan alat berat, rokok dimusnahkan dengan cara dibakar, dan pemusnahan minuman beralkohol tradisional (CIU) dengan cara ditumpahkan ke tanah. Dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi DJBC sebagai revenue collector, community profector, trade facilitator dan industrial assistance, maka peran pengawasan menjadi hal yang vital untuk mendukung terciptanya iklim usaha yang kondusif bagi pertumbuhan perekonomian nasional. Dan hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Bea Cukai untuk bergerak seimbang antara pengawasan dan pelayanan.

 

 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

401175
Hari IniHari Ini258
KemarinKemarin557
Minggu IniMinggu Ini1896
Bulan IniBulan Ini6273
SemuaSemua401175
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230