Previous Next

JELANG MANDATORY, BEA CUKAI TANGERANG SIAPKAN IMPLEMENTASI APLIKASI CUKAI DI KALANGAN PENGUSAHA HPTL

Tangerang Selatan, 28 November 2019. Berada di era revolusi industri 4.0, Bea Cukai Tangerang (BeTa) turut menyemarakkan kemajuan teknologi dengan penyempurnaan layanannya. Kali ini, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menjamah sistem teknologi dan informasi di sektor pelayanan Cukai, setelah sebelumnya sukses bergelut di sektor Kepabeanan. Pelayanan Cukai kini dilakukan secara online menggunakan sistem aplikasi hasil kembangan DJBC, Excise Services and Information System (ExSIS).

            Pada sistem aplikasi ExSIS tersedia pula menu layanan yang ditujukan bagi para pengusaha Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL). Karena per 1 Desember 2019 kelak akan dilaksanakan mandatory penggunaan sistem aplikasi ExSIS bagi para pengusaha HPTL di seluruh Indonesia. Dalam balutan Sosialisasi, turut hadir Metodius Supriyanto selaku Kepala Seksi Perizinan dan Fasilitas I Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai.

            Sosialisasi dibuka oleh Subandriyo selaku Kepala Seksi Perbendaharaan di Ruang Aula Kantor BeTa. “Sosialisasi ditujukan dalam rangka persiapan implementasi penggunaan sistem aplikasi ExSIS khususnya di wilayah pengawasan BeTatuturnya dalam sambutan pembuka. Mengingat waktu mandatory yang tak lama lagi membuat BeTa bergegas untuk menindaklanjutinya bersama para pengguna layanan.

            Dipaparkan poin-poin penting dalam persiapan implementasi sistem aplikasi ExSIS, diantaranya persiapan data, pendaftaran user, dan tutorial penggunaan sistem aplikasi. Ditampung sejumlah saran dan masukan atas perubahan prosedur pelayanan yang semakin baik ini. Selanjutnya tak lagi dapat ditemukan waktu pelayanan yang lama, antrean yang panjang, serta kewajiban datang ke kantor dengan membawa berkas-berkas permohonan. Dengan sistem aplikasi ExSIS yang digunakan secara online, pelayanan menjadi mudah dan cepat.

            Terlaksananya kegiatan Sosialisasi ini diharapkan dapat memacu efektivitas serta efisiensi para pengguna layanan, terlebih para pengusaha HPTL yang merupakan salah satu penyokong penerimaan Negara di sektor Cukai. Dengan demikian, misi BeTa mengoptimalkan peneriman Negara di sektor Kepabeanan dan Cukai di wilayah pengawasannya bertahap kian terpenuhi.

 

 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

461639
Hari IniHari Ini515
KemarinKemarin679
Minggu IniMinggu Ini330
Bulan IniBulan Ini18759
SemuaSemua461639
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230