Previous Next

CLUSTER MEETING DALAM RANGKA IMPLEMENTASI INTEGRASI DOKUMEN BC 4.0 DAN FAKTUR PAJAK

Tangerang Selatan, 18 Desember 2019 – Bea Cukai Tangerang melaksanakan kunjungan ke salah satu KBM yang masuk dalam gelombang dua, yaitu PT Doulton yang berlokasi di Balaraja, Kabupaten Tangerang. Acara digelar dalam format Cluster Meeting dengan tema khusus Integrasi Dokumen BC 4.0 dan Faktur Pajak yang melibatkan Perusahaan Tempat Penimbunan Berikat (TPB), Asosiasi Pengusaha Kawasan Berikat (APKB) dan Asosiasi Pengusaha Tempat Penimbunan Berikat (APTPB) Tangerang.

            Dibuka dengan tuan rumah yang menampilkan video tentang profil, sejarah, safety induction serta capaian mereka selama ini. Acara dimulai dengan sambutan dari Perwakilan PT Doulton Aji Sudarmadji dilanjutkan dengan sambutan Aris Sudarminto selaku Kepala Kantor BeTa. “Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami bisa menjadi host acara Cluster Meeting ini” ungkap Aji. “Cluster Meeting juga menjadi sarana untuk menjaga engagement dan hubungan baik serta saling menguntungkan dengan para stakeholdernya” papar Aris.

            Dalam kesempatan ini pula, Aris menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan sehingga BeTa mendapatkan capaian luar biasa di tahun 2019 ini, mulai dari tuntasnya capaian penerimaan Negara di sektor Kepabeanan dan Cukai, hasil survei kepuasan pengguna jasa dengan kategori sangat puas dan diraihnya kantor berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Dengan capaian yang diraih, apresiasi dilontarkan secara terus-menerus bersamaan dengan rasa syukur yang membuncah. BeTa merupakan satu dari sekian banyak Kantor Bea Cukai yang sampai di akhir tahun sukses mengemban amanah yang diberikan. Tidak hanya pada pengawasan, lingkup pelayanan juga terus didorong sehingga teroptimalisasi dan menciptakan budaya pelayanan prima.

Materi inti dari Cluster Meeting ini adalah diskusi guna mencari solusi atas permasalahan yang timbul dari para perusahaan yang hadir. Oleh karena itu, acara ini pasti selalu membawa serta narasumber yang handal untuk memecahkan masalah secara tuntas. Turut hadir pula sebagai narasumber Kepala Bidang Fasilitas Kantor Wilayah DJBC Banten Elfi Haris, Kepala KPP Pratama Tigaraksa Hamdi Aniza Pertama dan jajaran pejabat dari BeTa dan PT Doulton. Sharing solusi juga disampaikan oleh perwakilan dari APKB yang kebetulan juga menjadi Duta Pelopor KBM.

Dalam sesi diskusi, permasalahan yang diutarakan berkisar pada isu terkini terkait kuota penjualan lokal, Bea Masuk Tindakan Pengamanan Sementara (BMTPS), serta integrasi dokumen BC 4.0 dan Faktur Pajak. Sebagai informasi implementasi integrasi dokumen BC 4.0 dan Faktur Pajak akan dilakukan mandatory check secara sistem per Januari 2020 di seluruh Kantor Pabean. Sebagai bentuk kemudahan bagi pelaku usaha, integrasi ini memberikan keuntungan yaitu dalam pembuat dokumen berbeda maka e-faktur dan dokumen pabean merupakan dokumen yang terintegrasi dengan SPT sehingga data faktur otomatis menjadi performa dokumen pabean. Jika pembuat dokumen sama, dokumen pabean terintegrasi dengan SPT, maka dokumen pabean tersebut disetarakan dengan faktur. Dipaparkan pula bahwa manfaat dari integrasi dua dokumen ini yaitu untuk memastikan fasilitas tidak dipungut PPN tidak disalahgunakan dan meminimalisasi perbedaan nilai pada BC 4.0 dan Faktur Pajak.

Cluster Meeting ini merupakan inovasi kehumasan yang menjadi agenda rutin BeTa yang diadakan hampir setiap sebulan sekali. Diselenggarakan secara bergilir di tempat perusahaan penerima fasilitas Tempat Penimbunan Berikat (TPB) di bawah BeTa. Adanya kegiatan diharapkan dapat memperlancar kegiatan operasional perusahaan TPB guna meningkatkan daya saingnya. Selain itu, BeTa sebagai kantor yang melakukan pengawasan dan pelayanan kepada pengusaha penerima fasilitas khususnya TPB merasa perlu senantiasa menjaga engagement dan hubungan baik serta saling menguntungkan dengan para stakeholdernya.

 

 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

439528
Hari IniHari Ini34
KemarinKemarin518
Minggu IniMinggu Ini4091
Bulan IniBulan Ini13047
SemuaSemua439528
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230