Previous Next

BEA CUKAI TANGERANG ADAKAN SOSIALISASI PERATURAN TERBARU TERKAIT PUSAT LOGISTIK BERIKAT

Tangerang Selatan, 20 Desember 2019 -- Telah berlangsung dengan baik kegiatan sosialisasi PER-14/BC/2019 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-01/BC/2016 tentang Tata Laksana Pusat Logistik Berikat dan PER-15/BC/2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-03/BC/2019 tentang Tata Laksana Pengeluaran Barang Impor Dari Pusat Logistik Berikat Untuk Diimpor Untuk Diimpor Untuk Dipakai. Sosialisasi bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Bea Cukai Tangerang. Lagi-lagi, Bea Cukai Tangerang menyorot para pengusaha yang menggunakan fasilitas Pusat Logistik Berikat untuk hadir memeriahkan sosialisasi tersebut. Sosialisasi memang ditujukan bagi pengguna salah satu fasilitas Tempat Penimbunan Berikat tersebut. Apalagi terkait dengan adanya peraturan terbaru terkait Pusat Logistik Berikat. Sosialisasi ini menjadi wadah informasi baru bagi para pengguna jasa yang terlibat. 

            Sebanyak 9 (sembilan) perusahaan pengguna fasilitas Pusat Logistik Berikat di wilayah Tangerang Raya andil dalam kegiatan tersebut. Rangkaian acara diawali dengan pembukaan serta doa agar kelancaran dan manfaat dapat dicapai. Selanjutnya, bersama kami mendengar pengantar beserta sambutan dari Eko Yulianto selaku Kepala Seksi PKC III. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa sosialisasi ini dilaksanakan selain sebagai upaya peningkatan kegiatan pelayanan Kepabeanan dan Cukai, juga senantiasa menjaga engagement dan hubungan baik serta saling menguntungkan dengan para stakeholdersnya.

            Materi inti dari sosialisasi ini adalah membahas mengenai PER-14/BC/2019 dan PER-15/BC/2019. Oleh karena itu, acara ini pasti selalu membawa serta narasumber yang handal untuk membahas materi dan memecahkan masalah secara tuntas. Turut hadir pula sebagai narasumber Kepala Seksi PKC VI Mohamad Sofwan, Kepala Subseksi Pengelolaan Data Ciptono Setiabudi dan jajaran pejabat dari Bea Cukai Tangerang.

            Dalam sesi diskusi, permasalahan yang diutarakan berkisar pada ketentuan perizinan, ketentuan tanda pengaman elektronik (e-seal), ketentuan API-U dan Industri Kecil dan Menengah (IKM), penguatan pengawasan tata niaga, joint pengawasan DJBC dan DJP, penelitian nilai pabean, jalur pengeluaran BC 2.8, dasar penetapan jalur, serta kriteria operator ekonomi. Kemudian ditegaskan terhadap perusahaan pemilik API-U yang melakukan supply dan memiliki kontrak kerjasama dengan perusahaan industri kecil dan menengah yang memiliki NPWP harus bertindak sebagai Pengusaha PLB atau PDPLB.

            Sebelum berakhirnya kegiatan sosialisasi, narasumber memberikan kesempatan kepada pengguna jasa yang hadir untuk memberikan pertanyaan. Antusiasme pengguna jasa dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan terlihat dengan banyaknya pertanyaan dan masukan yang diberikan. Dengan adanya sosialisasi peraturan terbaru ini diharapkan pelaksanaan Pusat Logistik Berikat dapat lebih mudah dilaksanakan, transparan, akuntabel, dan yang terpenting dari semuanya adalah bisa mendorong dan mendukung kemudahan berusaha sehingga dapat menciptakan iklim berusaha yang lebih baik.

            Dukung Kemudahan Berusaha, Bea Cukai Makin Baik!

 

 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

439514
Hari IniHari Ini20
KemarinKemarin518
Minggu IniMinggu Ini4077
Bulan IniBulan Ini13033
SemuaSemua439514
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230