Previous Next

MENUJU PENGELOLAAN ARSIP YANG SEMAKIN BAIK, BEA CUKAI TANGERANG GELAR P2KP

Tangerang Selatan, 22/01/2020. Mengisi hari-hari dengan melakukan pengawasan dan pelayanan, menjelang akhir bulan Januari tepatnya Rabu, 22 Januari 2020 Bea Cukai Tangerang (BeTa) menggelar event pembinaan keterampilan yang ditujukan bagi para pejabat dan pegawai BeTa. Event yang dilaksanakan di Aula Kantor BeTa ini dibalut dalam P2KP dengan tema Pengelolaan Arsip.

            Arsip merupakan suatu rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan). Kementerian Keuangan yang di dalamnya terdapat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) tentu memiliki segudang arsip, baik arsip substantif maupun arsip fasilitatif. Hal tersebut dibahas tuntas pada event yang mendatangkan Abdurokhim selaku Kepala Subbagian Persuratan dan Kearsipan Sekretariat DJBC.

            Disambut oleh Kepala Kantor BeTa, Guntur Cahyo Purnomo, disinggung mengenai pentingnya arsip dan pengelolaannya di BeTa. Mengingat kegiatan pengawasan dan pelayanannya yang terbilang cukup padat membuat dokumen yang dikelola juga sangat banyak. Guntur mengingatkan, “kesempatan untuk memahami pengelolaan arsip ini semoga dapat digunakan dengan maksimal untuk mewujudkan pengelolaan arsip BeTa yang semakin baik”.

            Bagaimanapun, arsip merupakan bagian penting yang mendukung kinerja pengawasan serta pelayanan kepabeanan dan cukai. Berkaca dari kearsipan Kementerian Keuangan yang terakreditasi A oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), menjadi pacuan semangat unit-unit vertikal di bawahnya untuk tertib dalam pengelolaan arsip dan menghidupkan budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin). Dipaparkan oleh Abdurokhim mengenai tips and tricks pengelolaan arsip di Kantor Pusat DJBC. Mulai dari proses distribusi arsip supaya lancar, penyimpanan arsip yang dapat dicari hanya dalam jentikan jari, penyelesaian arsip dengan pemusnahan yang terjadwal hingga penanganan pada saat force majeure.

            Menutup perjumpaan di event P2KP, diharapkan BeTa dapat menjadi kantor dengan pengelolaan arsip yang semakin baik, menyusul Kantor Bea Cukai lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Harapan ini tentunya berbanding lurus dengan meningkatnya akurasi pengawasan dan juga lahirnya kemudahan pelayanan di Bea Cukai Tangerang untuk mewujudkan Bea Cukai yang semakin baik.

 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

439517
Hari IniHari Ini23
KemarinKemarin518
Minggu IniMinggu Ini4080
Bulan IniBulan Ini13036
SemuaSemua439517
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230