Previous Next

BEA CUKAI TANGERANG GELAR APEL BULANAN, SIAP MENGEMBAN TARGET PENERIMAAN 2020

Tangerang Selatan, 06/02/2020. Memasuki bulan Februari 2020, Bea Cukai Tangerang (BeTa) menggelar kegiatan rutin berupa Apel Bulanan. Dalam balutan hujan yang turun di sekitar wilayah Tangerang Raya, Apel Bulanan tetap berlangsung di Ruang Aula Kantor BeTa. Apel dilaksanakan pada hari Rabu, 6 Februari 2020 dan dipimpin oleh Wahyu Setyono selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai IX. Seluruh pejabat dan pegawai BeTa menjadi peserta dalam Apel Bulanan yang mengulas target penerimaan BeTa tahun 2020.

            Dalam amanatnya, Wahyu Setyono menyampaikan target nasional penerimaan Kepabeanan dan Cukai yang menyentuh angka Rp223 Triliun. Dalam distribusinya, Kantor Wilayah DJB Banten mendapatkan porsi Rp2,93 Triliun yang terdiri dari target penerimaan Bea Masuk senilai Rp872 Milyar dan target penerimaan Cukai sekitar Rp2,6 Triliun yang kemungkinan seluruh target penerimaan Cukainya dibebankan kepada BeTa.

            “Hal ini merupakan sebuah tantangan yang baru bagi BeTa” tutur Wahyu. Kenaikan yang signifikan bagi target penerimaan tahun ini dilatarbelakangi atas surplus penerimaan di tahun yang lalu. Hal yang menjadi hot issue belakangan ini yaitu mewabahnya virus Corona di sejumlah Negara yang juga berpengaruh pada kinerja penerimaan, terlebih di sektor Cukai. Kini BeTa tengah menghimpun dan mempersiapkan langkah-langkah penanganan terhadap dampak mewabahnya virus Corona dalam arus perdagangan internasioal khususnya yang menjadi objek pengawasan BeTa.

            Upaya komunikasi menjadi jalan yang dipilih untuk memantau perkembangan kinerja pengguna fasilitas Kepabeanan dan Cukai yang bersinggungan dengan target penerimaan. Terlebih dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang telah diraih menambah optimisme dibalik tantangan yang ada. Imbauan untuk selalu mempertahankan nilai-nilai integritas disuarakan melalui penandatanganan Surat Pernyataan Meningkatkan Integritas bagi seluruh pejabat dan pegawai BeTa.

            Selain hal target penerimaan yang dibebankan, kinerja teknis pengawasan dan pelayanan pun turut dibahas pada momentum Apel Bulanan. Tusi pokok ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab pejabat dan pegawai BeTa. Diharapkan segala upaya dan kinerja pengawasan dapat dijalani dengan teliti dan cermat, begitu pula di sisi pelayanan. Momentum Apel selalu menjadi ajang evaluasi dan perbaikan untuk mewujudkan BeTa yang bebas dari korupsi menuju Bea Cukai yang semakin baik.

 

 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

439495
Hari IniHari Ini1
KemarinKemarin518
Minggu IniMinggu Ini4058
Bulan IniBulan Ini13014
SemuaSemua439495
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230