DARURAT COVID-19, BEA CUKAI TANGERANG PANTAU STAKEHOLDER DAN ADAKAN RAPAT ONLINE

Tangerang, 26/03/2020. Social distancing bukan sebuah halangan bagi Bea Cukai Tangerang (BeTa) untuk melakukan pengawasan serta pelayanan yang optimal. Di tengah situasi darurat Covid-19, BeTa tetap menjalankan tusi serta misi fasilitasi dengan penuh kesungguhan. Pandemi ini bukan hal yang dapat menyurutkan semangat mengawasi dan melayani publik, tentunya dengan tetap memperhatikan kebijakan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah pengawasannya.

            Dengan meluncurkan sejumlah kemudahan pelayanan kepabeanan dan cukai secara online dan membatasi komunikasi tatap muka, BeTa turut berkontribusi mengurangi laju penyebaran Covid-19. Termasuk mengadakan pemantauan serta pertemuan melalui video conference dengan para stakeholder. Kamis, 26 Maret 2020 dilaksanakan Rapat Asistensi bagi Authorized Ecomonic Operator (AEO) melalui video conference. Rapat dipimpin langsung oleh Guntur Cahyo Purnomo selaku Kepala kantor BeTa dan diikuti oleh perwakilan pengusaha Kawasan berikat bersertifikat AEO.

            “Di masa darurat seperti ini, para pengusaha harus ingat bahwa pengawasan fisik maupun monitoring audit tetap dilaksanakan untuk mengurangi adanya sanksi/pelanggaran di kemudian hari, serta tetap memperhatikan peraturan yang berlaku” imbau Guntur dalam pembukaan Rapat.

            Kawasan Berikat bersertifikat AEO di bawah pengawasan BeTa merupakan Kawasan Berikat Mandiri (KBM) yang memiliki cukup banyak kegiatan dan laju perpindahan barang yang cepat sehingga sedikit banyak menjadi acuan tingkat pelayanan prima yang disediakan oleh BeTa. Rapat Asistensi digelar guna memantau dan menghimpun informasi mengenai dampak penyebaran Covid-19 bagi proses bisnis perusahaan untuk menetapkan kebijakan yang preventif. Dibahas mengenai kemudahan pelayanan yang diberikan juga kewajiban sebagai AEO terlebih di masa pandemi  Covid-19.

            Disampaikan oleh Wisnu Nuryanto selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, kemudahan pelayanan yang meliputi pelayanan jaminan online, penyampaian dokumen secara online, dan penambahan kegiatan Kawasan Berikat untuk memproduksi sendiri Masker, Alat Pelindung Diri (APD) dan Hand Sanitizer. Hal tersebut tentu menjadi sangat krusial sebagai upaya penanggulangan pandemi  Covid-19. Di sisi lain, kewajiban yang menjadi atensi bagi AEO, antara lain kewajiban penyampaian laporan serta prosedur penanganan dan pegamanan di masa pandemi Covid-19.

            Para pengusaha dan perwakilan Asosiasi mengapresiasi upaya yang digerakkan BeTa dengan segala kemudahan yang disediakan. Tak ragu, para pengusaha menyampaikan keadaan yang terjadi pada perusahaan mereka, kendala yang mungkin akan terjadi di kemudian hari, hingga usulan serta saran untuk memulihkan kondisi usaha mereka. Dengan senang hati, BeTa pun mendengarkan serta menjadikan catatan untuk dilakukan pembahasan atas keluh kesah para pengguna layanannya. Bersama melawan Covid-19, bersama wujudkan Bea Cukai yang makin baik untuk Indonesia maju!

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

513795
Hari IniHari Ini204
KemarinKemarin805
Minggu IniMinggu Ini2568
Bulan IniBulan Ini2650
SemuaSemua513795
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230