BERIKAN INSENTIF PAJAK, BEA CUKAI TANGERANG GANDENG KANWIL DJP BANTEN ADAKAN SOSIALISASI ONLINE

Tangerang Selatan, 22 April 2020. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) bersama Direktorat Jenderal Pajak (DJP) meluncurkan kebijakan pemberian insentif fiskal di tengah masa pandemi Covid-19 ini. Tidak lain, tujuannya untuk menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi, daya beli masyarakat, dan produktivitas sektor tertentu sehubungan dengan wabah Covid-19 dan turut mendukung penanggulangannya. Rabu, 22 April 2020 Bea Cukai Tangerang (BeTa) menggelar Sosialisasi mengenai penerapan insentif fiskal yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 23/PMK.03/2020. Benturan kebijakan social distancing mengharuskan BeTa menyampaikan Sosialisasi secara online menggunakan media aplikasi video teleconference.

           Sosialisasi diikuti oleh para pengguna fasilitas Tempat Penimbunan Berikat (TPB) dan Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) yang berada di wilayah pengawasan BeTa. Turut diundang sebagai narasumber, Muhammad Syaifudin dari Kantor Wilayah DJP Banten.  Sosialisasi dibuka oleh Guntur Cahyo Purnomo, Kepala Kantor BeTa. “Melalui banyaknya peraturan yang terbit, pemerintah memberikan insentif pajak untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi di sektor industri dan tenaga kerja, diharapkan para pengguna fasilitas dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya” tutur Guntur.

            Sosialisasi berjalan intensif mengingat banyaknya perusahaan pengguna fasilitas yang terdampak pandemi Covid-19. Beberapa diantaranya terdampak dengan adanya pengurangan produksi, ekspor yang terkendala, juga pemasukan bahan baku yang terhambat. Sehingga diharapkan insentif fiskal berupa  PPh Pasal 21 ditanggung pemerintah, pembebasan PPh Pasal 22 Impor, pengurangan angsuran PPh Pasal 25, atau percepatan restitusi PPN dapat dimanfaatkan sesuai klasifikasi dan kebutuhan perusahaan.

            Untuk mendapatkannya, perusahaan cukup melakukan pengajuan permohonan secara online melalui sistem yang dikelola DJP dan melengkapi persyaratan yang ditentukan untuk dapat memanfaatkan insentif tersebut. Insentif berlaku selama masa pandemi Covid-19, yaitu dimulai pada bulan April sampai dengan September 2020. Diskusi berlangsung dengan dipenuhi pertanyaan-pertanyaan teknis seputar penerapan insentif pajak yang terselesaikan dengan adanya sinergi yang apik di antara DJBC dan DJP. Bersama lawan Covid-19, wujudkan Indonesia maju!

 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

513834
Hari IniHari Ini243
KemarinKemarin805
Minggu IniMinggu Ini2607
Bulan IniBulan Ini2689
SemuaSemua513834
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230