TINGKATKAN KEPATUAHAN PENGUSAHA BKC, BEA CUKAI TANGERANG GELAR SOSIALISASI ONLINE

Tangerang Selatan, 21 April 2020. Meski di tengah pandemi Covid-19, Bea Cukai Tangerang (BeTa) tak menyurutkan kewajibannya dalam memberikan edukasi serta menjalankan misi agen kehumasannya. Kali ini, para pengusaha di bidang Cukai menjadi sasaran dalam sosialisasi yang digelar pada hari Selasa, 21 April 2020. dengan mempertimbangkan kebijakan social distancing, Sosialisasi dilaksanakan di kediaman masing-masing dengan memanfaatkan media aplikasi video teleconference.

            Sosialisasi dibalut dengan tajuk Kewajiban Pencatatan dan Pelaporan Sediaan BKC dan diikuti oleh para penyalur dan juga tempat penjualan eceran Etil Alkohol dan Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) yang berada di wilayah pengawasan BeTa. Sosialisasi ini digelar dalam rangka peningkatan kepatuhan pengusaha di bidang Cukai dan pengingat akan kewajiban yang harus dijalankan sebagai penyalur dan tempat penjualan eceran BKC. Sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan, salah satu kewajibannya, yaitu  melakukan pencatatan dan pelaporan sediaan BKC dalam jangka waktu 3 bulan sekali.

            Sosialisasi disampaikan oleh Fruri Bagus Saputra dan Ewaldo Hasbyaqil dari Seksi Pelayanan Kepabenan dan Cukai Kantor BeTa. Disampaikan mengenai pentingnya melaksanakan pencatatan dan pelaporan sebagai dasar montoring atas peredaran BKC dalam hal ini Etil Alkohol dan MMEA. “Untuk menjadi perhatian terhadap pelaksanaan kewajiban pencatatan dan pelaporan sediaan BKC karena terdapat sanksi jika tidak menjalankannya” imbau Fruri. Selanjutnya dipaparkan secara detail mengenai format pencatatan dan juga pelaporan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 94/PMK.04/2018.

            Dalam keterbatasan di masa pandemi Covid-19 ini, BeTa tetap menjalankan kewajiban pengawasannya tak terkecuali terhadap pengusaha BKC yang tersebar di seluruh wilayah Tangerang Raya. Adanya relaksasi pelayanan yang diberikan untuk meringankan para pengusaha di masa pandemi Covid-19 sudah sepatutnya diimbangi dengan pengawasan yang persisten. Termasuk laju informasi yang disiarkan kepada publik yang membutuhkan, salah satunya melalui Sosialisasi ini demi berlangsungnya kegiatan pelayanan dan pengawasan yang efektif dan efisien.

            Sosialisasi berjalan secara interaktif dengan saran serta masukan yang diberikan para pengusaha untuk kemudian kami tindaklanjuti. Diharapkan dengan adanya pandemi Covid-19 tak menjadi penghalang untuk senantiasa berkontribusi untuk Negara dan menjalankan kewajiban yang dibebankan. Bersama lawan Covid-19, wujudkan Bea Cukai yang semakin baik!

Wisnu Nuryanto

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

513751
Hari IniHari Ini160
KemarinKemarin805
Minggu IniMinggu Ini2524
Bulan IniBulan Ini2606
SemuaSemua513751
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230