BANTU PENANGANAN WABAH COVID-19, BEA CUKAI TANGERANG BERIKAN INSENTIF TAMBAHAN DAN KEMUDAHAN PELAYANAN

Tangerang Selatan (15/06/2020) – Masih berada di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, Bea Cukai Tangerang (BeTa) turut memberikan kontribusi nyata dalam penanggulangan penyebaran wabah tersebut. Bersamaan dengan terbitnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 31/PMK.04/2020 yang mengatur secara khusus mengenai fasilitas dan kemudahan berupa insentif bagi pengguna fasilitas Kawasan Berikat (KB) dan Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) dalam penanganan dampak wabah Covid-19 serta Peraturan Menteri Keuangan Nomor 34/PMK.04/2020 tentang Pemberian Fasilitas Kepabeanan dan/atau Cukai serta Perpajakan atas Impor Barang untuk Keperluan Penanganan Pandemi Covid-19, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menggelontorkan sejumlah fasilitas dan kemudahan kepada publik. Fasilitas dan kemudahan yang diberikan tidak hanya diperuntukan bagi instansi pemerintah, pihak-pihak tertentu, maupun perseorangan. Perusahaan pengguna fasilitas kepabeanan pun tak luput dari perhatian pemerintah.

Di wilayah pengawasan BeTa yang mencakup Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan, terdapat lebih dari seratus perusahaan pengguna fasilitas kepabeanan. Perusahaan tersebut didominasi oleh pengguna fasilitas Kawasan Berikat dan diikuti oleh pengguna fasilitas KITE serta Pengguna Fasilitas Pembebasan Cukai Etil Alkohol dalam rangka produksi Hand Sanitizer. Dengan jumlah tersebut peluang terhadap penanganan wabah Covid-19 tentu dapat didorong dengan memanfaatkan fasilitas dan juga kemudahan yang disediakan, sehingga dapat membantu pemerintah dalam penanggulangan penyebaran dan percepatan penanganan wabah tersebut.

Sampai berita ini dimuat, BeTa telah menerima pengajuan sebanyak 9 perizinan atas kemudahan bagi Kawasan Berikat, baik berupa penambahan hasil produksi sementara maupun impor barang jadi dalam rangka penanganan Covid-19. Izin tersebut diberlakukan untuk menunjang ketersediaan barang yang digunakan dalam rangka penanganan wabah Covid-19 seperti masker, alat pelindung diri (APD), dan lain-lain. Adapun izin yang diberikan berlaku pada masa darurat Covid-19 sampai dengan 29 Mei 2020 dan/atau 30 Juni 2020. Kemudian diterbitkan 11 perizinan lainnya dari 8 permohonan mengenai fasilitas pembebasan Bea Masuk dan Pajak dalam Rangka Impor (PDRI) sesuai skema Peraturan Menteri Keuangan Nomor 34/PMK.04/2020. Sedangkan 3 lainnya diteruskan kepada Kantor Bea Cukai Pengawas yang menangani kegiatan Impor di lokasi pemasukan/pengeluaran barang.

Izin yang diberikan kepada masing-masing perusahaan pengguna fasilitas tentu memiliki perbedaan kapasitas produksi. Hingga kini, banyak hasil produksi sementara Kawasan Berikat berupa barang keperluan penanganan Covid-19 yang telah didistribusikan ke berbagai wilayah di Indonesia. Baik ditujukan untuk komersial maupun tujuan sosial, hal tersebut cukup membantu memenuhi ketersediaan dalam Negeri. Terlebih dengan adanya fasilitas pembebasan Bea Masuk dan PDRI atas impor barang keperluan penanganan Covid-19 yang semakin mempermudah jangkauan ketersediaannya.

Tak hanya berperan dalam mengatasi ketersediaan barang keperluan penanganan Covid-19 untuk kepentingan publik, BeTa menilai bahwa perusahaan yang menggunakan fasilitas serta kemudahan yang disediakan DJBC salah satunya sebagai pengganti kegiatan produksinya yang menurun karena terdampak pandemi ini. Selain untuk mempertahankan eksistensi perusahaan, tak sedikit perusahaan yang menggunakan fasilitas serta kemudahan dalam rangka non komersial yaitu untuk membantu pemerintah setempat.

Adanya kelonggaran yang diberikan, tentu tak menyurutkan semangat pengawasan BeTa dalam melakukan inventarisasi terhadap titik-titik rawan penyalahgunaan fasilitas. Pengawasan tetap berjalan dengan pilar-pilar kewaspadaan dalam rangka mengoptimalkan penerimaan Negara di sektor Kepabeanan dan Cukai sebagai misi yang diemban oleh DJBC. Dengan begitu, pengawasan dan pelayanan yang diberikan dapat bergerak secara proporsional dan mewujudkan Bea Cukai yang makin baik.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

620274
Hari IniHari Ini21
KemarinKemarin655
Minggu IniMinggu Ini3892
Bulan IniBulan Ini16397
SemuaSemua620274
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230