KAMPANYEKAN GEMPUR ROKOK ILEGAL, BEA CUKAI TANGERANG GANDENG KANWIL BEA CUKAI BANTEN SIARAN DI RADIO

Tangerang, 06/08/2020. Menyongsong semester kedua tahun 2020, agenda rutin Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) secara nasional memasuki pada masa Kampanye Gempur Rokok Ilegal. Setelah beberapa tahun kebelakang digencarkan Kampanye Gempur Rokok Ilegal untuk mengurangi peredaran rokok ilegal di pasar nasional, kini agenda penyuluhan serta pengawasan tersebut menjadi kegiatan rutin tahunan unit vertikal DJBC yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

            Tak terkecuali, Bea Cukai Tangerang (BeTa) melakukan Kampanye Gempur Rokok Ilegal di seluruh wilayah pengawasannya. Kali ini, bersinergi dengan Kanwil Bea Cukai Banten (Kaban) dan Bea Cukai Merak, digencarkan Kampanye Gempur Rokok Ilegal pada tanggal 10 Juli hingga 1 Agustus 2020. Selama kampanye berlangsung dilakukan operasi pengawasan hingga membuahkan hasil berupa 40 kali penindakan atas peredaran rokok ilegal dengan jumlah barang bukti sebanyak 3.120.420 batang rokok ilegal. Potensi kerugian Negara yang berhasil diselamatkan yaitu sebesar Rp1.473.041.067. Prestasi yang cukup membanggakan terlebih dalam upaya menumpaskan peredaran rokok ilegal di wilayah yang menjadi jalur transit rokok-rokok ilegal yang mayoritas berasal dari pulau Jawa bagian timur menuju ke pulau Sumatera.

            Selain penindakan yang dilakukan dalam rangkaian Kampanye Gempur Rokok Ilegal, misi penyuluhan pun turut dilaksanakan untuk memaksimalkan dan menekan peredaran rokok ilegal. Di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19 yang belum juga mereda, BeTa bersama Kaban memilih untuk menggencarkan Kampanye Gempur Rokok Ilegal melalui media massa autitif tentunya untuk menghindari timbulnya keramaian dan menjaga social serta physical distancing. Tepatnya pada hari Kamis, 6 Agustus 2020, kami mengunjungi salah satu radio yang cukup terkenal di wilayah Tangerang, yaitu Star Radio 107.3 Fm Tangerang.

Dalam kesempatan ini, kami menyiarkan materi yang informatif dengan mengusung tema Kampanye Gempur Rokok Ilegal. Disampaikan pengantar mengenai Cukai yang merupakan pungutan Negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakteristik yang ditetapkan dalam Undang-undang Cukai. Diperkenalkan pula jenis-jenis Barang Kena Cukai (BKC) serta sifat dan karakteristik barang-barang tersebut, Tak lupa, kami informasikan mengenai relaksasi pelayanan dan pengawasan Cukai di masa pandemi Covid-19.

Kami imbau kepada para pendengar radio untuk meningkatkan kesadaran atas peredaran rokok ilegal yang kerap terjadi di lingkungan sekitar dan tidak segan untuk melaporkannya. Dengan membekalkan materi mengenai ciri-ciri rokok ilegal, cara mengidentifikasi pita cukai secara sederhana, dan memaparkan sanksi-sanksi atas pelanggaran di bidang cukai, kami yakin peredaran rokok ilegal di wilayah pengawasan BeTa akan berangsur-angsur menurun bahkan menghilang. Dengan dukungan masyarakat, bersama menggempur rokok ilegal, wujudkan Bea Cukai makin baik dan Indonesia sejahtera!

 

 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

601695
Hari IniHari Ini188
KemarinKemarin727
Minggu IniMinggu Ini4373
Bulan IniBulan Ini17179
SemuaSemua601695
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230