Tindaklanjuti Fasilitas Kepabeanan untuk Kembangkan Iptek Nasional, Bea Cukai Tangerang Gandeng Kanwil Bea Cukai Banten Kunjungi Puspiptek

Tangerang Selatan (27/07/2020) – Mengulas kegiatan Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 200/PMK.04/2019 yang digelar pada pertengahan bulan Juli lalu, yaitu Selasa, 14 Juli 2020. Sosialisasi diikuti oleh Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), seluruh unit vertikal di bawah Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) yang tersebar di seluruh Indonesia, serta perwakilan Perguruan Tinggi di wilayah pengawasan Bea Cukai Tangerang. Sosialisasi tersebut sukses mengenalkan salah satu fasilitas fiskal berupa pembebasan bea masuk dan cukai atas impor barang untuk keperluan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

            Sebagai tindak lanjut atas kegiatan Sosialisasi yang diberikan, Bea Cukai Tangerang bersama Kanwil Bea Cukai Banten melakukan kunjungan kerja ke Puspiptek pada hari Senin, 27 Juli 2020. Koordinasi dilakukan dengan pimpinan Puspiptek berserta jajarannya untuk menjaring lebih banyak kebutuhan dan aspirasi dari Puspiptek untuk kemudian difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dalam rangka mendukung pengembangan iptek nasional.

            Kepala Puspiptek, Sri Setiawati, mengungkapkan penggunaan jasa pihak ketiga dan penimbunan barang impor untuk penelitian di gudang milik pihak ketiga membebani biaya penelitian. Hal tersebut tentunya dialami di berbagai laboratorium di bawah naungan Puspiptek yang tersebar di seluruh Indonesia. Dukungan dari DJBC diharapkan dapat mengakomodasi kendala-kendala yang terjadi.

            Kepala Kanwil Bea Cukai Banten, M. Aflah Farobi, menanggapi bahwa fasilitas kepabeanan berupa Tempat Penimbunan Berikat (TPB) dimungkinkan dapat mengatasi kendala biaya penimbunan barang impor untuk penelitian. Pembangunan Gudang Berikat maupun Pusat Logistik Berikat diharapkan mampu menjadi wadah penimbunan barang selama faslitas PMK Nomor 200/PMK.04/2019 diproses. Tak hanya efisiensi biaya, percepatan sistem dan prosedur pun dapat dinikmati.

            Sinergi yang apik dibangun Bea Cukai Tangerang bersama Kanwil Bea Cukai Banten dan Puspiptek untuk mendukung berlangsungnya kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Fasilitas fiskal sebagaimana PMK Nomor 200/PMK.04/2019 dan fasilitas TPB yang diusulkan menjadi jembatan perkembangan iptek nasional serta perwujudan Bea Cukai yang semakin baik.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

601676
Hari IniHari Ini169
KemarinKemarin727
Minggu IniMinggu Ini4354
Bulan IniBulan Ini17160
SemuaSemua601676
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230