Previous Next

USULKAN 37 CALON KAWASAN BERIKAT MANDIRI BARU, BEA CUKAI TANGERANG ADAKAN SHARING MEETING VIRTUAL

Tangerang Selatan, 15/09/2020. Dalam rangka optimalisasi pelayanan kepabeanan bagi para pengguna fasilitas Kawasan Berikat di tengah pandemi Covid-19, Bea Cukai Tangerang (BeTa) mengusulkan penambahan calon Kawasan Berikat Mandiri. Sebelumnya, telah terdaftar sebanyak 13 Kawasan Berikat Mandiri di bawah pengawasan Bea Cukai Tangerang. Kini, diusulkan sebanyak 37 calon Kawasan Berikat Mandiri yang dipilih berdasarkan penilaian dan pertimbangan atas kelayakannya di berbagai aspek.

            Memulai pengenalan dan asistensi mengenai Kawasan Berikat Mandiri, Bea Cukai Tangerang menggelar kegiatan Sharing Meeting kepada 37 calon Kawasan Berikat Mandiri pada hari Selasa, 15 September 2020. Kegiatan Sharing Meeting dilakukan secara virtual untuk mengurangi potensi timbulnya keramaian dan penularan Covid-19 di wilayah kerja Bea Cukai Tangerang. Dalam kegiatan Sharing Meeting ini turut bergabung Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil DJBC Banten, Moh. Saifuddin.

            Kegiatan Sharing Meeting dibuka oleh Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Guntur Cahyo Purnomo. “Kawasan Berikat yang dicalonkan menjadi Kawasan Berikat Mandiri telah dipilih berdasarkan penilaian dan berbagai pertimbangan untuk dapat merasakan pelayanan terbaik dari Bea Cukai. Semoga dapat menarik minat dan dimanfaatkan sebaik-baiknya” jelas Guntur. Pembahasan dan diskusi mengenai Kawasan Berikat Mandiri dilakukan pada kesempatan ini. Latar belakang yang meliputi penempatan pejabat Bea Cukai di TPB secara proporsional serta mandatory CEISA TPB, persyaratan untuk mendapatkan fasilitas Kawasan Berikat Mandiri, hingga kewajiban dan prosedur pelayanan bagi Kawasan Berikat Mandiri dibahas secara tuntas dan jelas.

Selain pembahasan dan diskusi, testimoni pun dilayangkan sebagai dorongan dan motivasi bagi calon Kawasan Berikat Mandiri. PT Doulton dan PT Pratama Abadi Industri yang telah memanfaatkan fasilitas Kawasan Berikat Mandiri membagikan pengalamannya dan kiat-kiat yang perlu diperhatikan, hingga keuntungan yang dirasakan berupa efisiensi waktu serta alur pergerakan barang yang semakin cepat terlebih di masa pandemi seperti ini. Perwakilan Asosiasi pun turut memberikan dukungan serta merasa bangga kepada anggotanya yang dicalonkan menjadi Kawasan Berikat Mandiri.

Kegiatan Sharing Meeting dinilai sangat memberikan pandangan yang positif bagi para calon Kawasan Berikat Mandiri. Dan tentunya fasilitas Kawasan Berikat Mandiri yang merupakan pengembangan dari fasilitas Kawasan Berikat yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan pelayanan kepabeanan secara mandiri dinilai oleh para penggunanya sebagai langkah tepat Bea Cukai untuk mengoptimalkan pelayanannya karena sangat memberi manfaat dan keuntungan di berbagai aspek. Diharapkan dengan semakin menjamurnya Kawasan Berikat Mandiri, semakin baik pula Bea Cukai.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

620285
Hari IniHari Ini32
KemarinKemarin655
Minggu IniMinggu Ini3903
Bulan IniBulan Ini16408
SemuaSemua620285
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230