Previous Next

BAHAS DEKLARASI DAN PEMBAYARAN INISIATIF, BEA CUKAI TANGERANG GELAR SOSIALISASI PMK NOMOR 201/PMK.04/2020

Tangerang Selatan, 25 Februari 2021. Terbitnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 201/PMK.04/2020 tentang Deklarasi Inisiatif (Voluntary Declaration) dan Pembayaran Inisiatif (Voluntary Payment) cukup menjadi perhatian dalam beberapa pekan terakhir di kalangan pengguna jasa kepabeanan. Skema pemberitahuan dan pembayaran yang dinilai fleksibel dalam proses bisnis kepabeanan bagi para importir, pengusaha Tempat Penimbunan Berikat (TPB), serta pengusaha di Kawasan Bebas. Skema deklarasi inisiatif ini turut mengakomodir perkiraan nilai yang belum dapat diketahui dan biaya-biaya yang harus ditambahkan pada nilai transaksi, seperti harga futures, royalti, proceeds, biaya transportasi, biaya asuransi, dan assist.

            Wilayah pengawasan Bea Cukai Tangerang yang didominasi oleh pengusaha TPB menjadi latar belakang digelarnya Sosialisasi mengenai deklarasi inisiatif dan pembayaran inisiatif. Pada hari Kamis, 25 Februari 2020, digelar secara virtual Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 201/PMK.04/2020. Sosialisasi dihadiri sebanyak sekitar 80 pengusaha TPB di bawah pengawasan kami. Turut mengundang Arman Tarmidzi, Kepala Seksi Nilai Pabean IV Direktorat Teknis Kepabeanan Kantor Pusat DJBC, sebagai narasumber yang berkompeten.

Kegiatan Sosialisasi dibuka oleh Anton Mawardi selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi. “Diharapkan para pengguna jasa dapat memahami mekanisme deklarasi inisiatif dan pembayaran inisiatif guna kelancaran proses bisnisnya ke depan” ungkap Anton. Kemudian secara jelas dan detail dibahas mengenai prosedur serta ketentuan deklarasi inisiatif dan pembayaran inisiatif untuk kegiatan impor. Tak lupa, tata cara penghitungan ulang, skema pelaporan, hingga simulasi penggunaan turut menjadi perhatian.

Beberapa peserta cukup antusias dengan implementasi deklarasi inisiatif dan pembayaran inisiatif pada kegiatan pengeluaran barang impornya ke Tempat Lain dalam Daerah Pabean, salah satunya PT Tuntex Garment Indonesia. Dengan berlangsungnya kegiatan Sosialisasi ini diharapkan dapat mengedukasi para pengguna layanan dan berpengaruh baik pada kegiatan usahanya. Sehingga sektor perekonomian terus meningkat dan segera pulih bersamaan dengan tumbuhnya Bea Cukai yang makin baik.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

747677
Hari IniHari Ini431
KemarinKemarin731
Minggu IniMinggu Ini258
Bulan IniBulan Ini7364
SemuaSemua747677
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230