Previous Next

MENGULAS PERATURAN TEMPAT PENIMBUNAN BERIKAT, BEA CUKAI TANGERANG GELAR KELAS TERBUKA SECARA VIRTUAL

Tangerang Selatan, 03/03/2021. Menggandeng serta para pengajar dari Politeknik Keuangan Negara STAN, Bea Cukai Tangerang sukses menggelar kegiatan penyuluhan yang berbasis kelas terbuka. Kelas terbuka yang dibalut dalam tajuk Customs Bonded Class dilaksanakan secara virtual pada hari Selasa dan Rabu, 2 sampai dengan 3 Maret 2021. Customs Bonded Class merupakan agenda tahunan Bea Cukai Tangerang dalam menghidupkan tusi edukasi mengenai ketentuan kepabeanan. Dalam Customs Bonded Class, para peserta mendapat materi pembahasan serta berdiskusi juga bertanya secara langsung dan mendapat jawaban dari para narasumber yang berkompeten.

            Customs Bonded Class diawali dengan kata pembuka oleh Anton Mawardi selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi. “Berbagai pertanyaan dan permasalahan di lapangan mengenai ketentuan kepabeanan yang berlaku akan dibahas dan kami tampung untuk mendapat penyelesaian terbaik sesuai aturan yang ada” pungkas Anton. Kegiatan ini meliputi sesi pembahasan materi dan sesi diskusi. Materi yang dibahas antara lain ketentuan kepabeanan secara umum serta mengulas peraturan mengenai fasilitas Tempat Penimbunan Berikat khususnya Kawasan Berikat, Gudang Berikat, dan Pusat Logistik Berikat. Peserta kegiatan yang merupakan pengguna fasilitas tersebut sangat antusias dalam mengikuti setiap pembahasan terlebih mengenai fasilitas tambahan sebagai respon atas pandemi Covid-19.

Secara detail Marsanto Adi Nurcahyo dan rekan-rekan pengajar dari Politeknik Keuangan Negara STAN membahas dan memaparkan tata laksana serta poin-poin penting di masing-masing jenis fasilitas Tempat Penimbunan Berikat. Dalam pelaksanaannya yang dibagi menjadi dua hari dirasa efektif untuk mengupas secara tuntas mengenai ketentuan tersebut. Sesi diskusi pun tak luput dari banyaknya pertanyaan mengenai prosedur dan petunjuk pelaksanaan bagi kegiatan pengguna fasilitas Tempat Penimbunan Berikat. Salah satunya Mulyono dari PT Indo RX yang sangat tertarik dengan fasilitas Pusat Logistik Berikat yang sangat membantu kelancaran rantai pasok usahanya yang juga menggunakan fasilitas Kawasan Berikat. Diharapkan kedua fasilitas tersebut dapat semakin berkesinambungan untuk kemudahan kegiatannya.

Terlaksananya kegiatan Customs Bonded Class menjadi kesempatan baik untuk berbagi ilmu dan pengalaman serta wadah yang tepat untuk menyampaikan aspirasi mengenai ketentuan kepabeanan. Hal tersebut juga dapat memacu upaya perbaikan sistem dan prosedur yang kini berlaku untuk semakin baik di kemudian hari. Pengawasan yang akurat, pelayanan prima, serta penyuluhan yang mengedukasi merupakan bentuk sinergitas untuk menjalankan misi fasilitasi dan mewujudkan Bea Cukai yang makin baik.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

747679
Hari IniHari Ini433
KemarinKemarin731
Minggu IniMinggu Ini260
Bulan IniBulan Ini7366
SemuaSemua747679
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230