Previous Next

Bea Cukai Sukseskan Ekspor Perdana Komoditas Excavator

Tangsel, 12 Maret 2021 – Sebagai upaya mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan menjalankan tugas fungsi Bea Cukai sebagai trade facilitator dan industrial assistance, Bea Cukai menyukseskan pelaksanaan ekspor perdana komoditas 1 unit alat berat excavator zx350 PT Global Saranamesin Mandiri (GSM) dari Indonesia ke Negara Kamboja.

 

Keberhasilan PT GSM melakukan ekspor  ini tidak lepas dari usaha terus menerus dan tidak kenal lelah yang dilakukan Kantor Wilayah DJBC Banten dan unit vertikalnya Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Tangerang (KPPBC TMP A Tangerang) dalam melakukan pembinaan. Mulai dari pemberian informasi terkait tatalaksana ekspor, memberikan dukungan moril dan pendampingan untuk pemenuhan persyaratan ekspor, serta pendampingan dalam proses pembuatan dokumen ekspor. 

Selain itu PT GSM juga memanfaatkan Fasilitas Pusat Logisik Berikat (PLB)  yang diberikan oleh Kantor Pusat DJBC melalui dan atas rekomendasi dari KPPBC TMP A Tangerang. Pusat Logistik Berikat (PLB) merupakan gudang multifungsi untuk menimbun barang impor atau lokal dengan fasilitas perpajakan, kepabeanan, serta fleksibilitas operasional lainnya. PLB memiliki manfaat diantaranya berupa penangguhan bea masuk, penangguhan pajak, penagguhan izin impor, kepemilikan barang yang fleksibel, jangka waktu timbun barang yang fleksibel (3 tahun atau lebih), serta asal dan tujuan barang yang fleksibel (impor, lokal, ekspor).

Fasilitas ini adalah inisiatif Ditjen Bea dan Cukai dalam mendorong pertumbuhan industri. Pemberian fasilitas ini juga bagian dari peran aktif Kanwil DJBC Banten dan satuan kerja vertikal dibawahnya (KPPBC TMP A Tangerang dan KPPBC TMP Merak)  Perbaikan tata kelola PLB diharapkan dapat menurunkan biaya logistik yang tinggi, pengembangan existing business model, menurunkan tingkat dwelling time, dan perluasan saluran impor/ekspor industri kecil menengah serta harapan jangka panjangnya dapat memajukan industri di tanah air. Ini sejalan dengan langkah nyata Kanwil DJBC Banten  dalam mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Bea Cukai sangat menolong kami dengan pemberian fasilitas Pusat Logistik Berikat seperti kemudahan pelayanan perizinan, kemudahan pelayanan kegiatan operasional, dan kemudahan kepabeanan dan cukai.

 Disamping itu kami sangat terbantu dengan petugas yang mendampingi dan membantu dalam pembuatan dokumen eskpor,” ujar Direktur Utama PT GSM Yosua Febrian. 

Pada kesempatan terpisah Kepala Kantor Wilayah DJBC Banten Mohammad Aflah Farobi menyambut baik ekspor yang dilakukan PT GSM “Setiap eksportasi akan sangat membantu meningkatkan perekonomian negara dan daerah asal ekspor, terlebih lagi dalam kondisi pandemi Covid-19. Bea Cukai akan terus mendorong potensi ekspor daerah bekerja sama dengan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah” Ungkap Kepala Kantor Wilayah DJBC Banten, Moh. Aflah Farobi.

Bea Cukai akan mendorong stakeholder untuk terus berinovasi dalam mengembangkan produknya agar semakin banyak produk-produk yang menembus pasar internasional. Dukungan Bea dan Cukai dengan cara memberikan Fasilitas Pusat Logistik Berikat dan memberikan pendampingan dalam proses pengurusan dokumen ekspor sehingga hal ini diharapkan dapat mendorong dalam peningkatan daya saing sehingga semakin kompetitif di pasar global.

    

Tangerang Selatan, 12 Maret 2021

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai

           

Mohammad Saifuddin

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

729130
Hari IniHari Ini272
KemarinKemarin792
Minggu IniMinggu Ini3833
Bulan IniBulan Ini11350
SemuaSemua729130
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230