Previous Next

PELAJARI SELUK BELUK DESAIN PITA CUKAI BARU, BEA CUKAI TANGERANG GELAR WORKSHOP IDENTIFIKASI PITA CUKAI TAHUN 2021

Tangerang Selatan, 25/03/2021. Setiap tahunnya, desain Pita Cukai selalu berubah sebagai sistem sekuritas dan pencegahan terhadap maraknya peredaran Barang Kena Cukai (BKC) ilegal. Perubahan tersebut disambut baik oleh Bea Cukai Tangerang dengan turut menggelar Workshop Identifikasi Pita Cukai Tahun 2021. Bertempat di Ruang Aula Kantor Bea Cukai Tangerang, kegiatan Workshop digelar pada hari Kamis, 25 Maret 2021 dengan menerapkan standar protokol kesehatan. Workshop dibuka oleh Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Guntur Cahyo Purnomo dan diikuti oleh pegawai Seksi Penindakan dan Penyidikan serta beberapa pegawai lainnya.

            Workshop Identifikasi Pita Cukai Tahun 2021 meliputi sosialisasi Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-12/BC/2020 tentang Bentuk Fisik, Spesifikasi, dan Desain Pita Cukai Tahun 2021 dan praktik identifikasi keaslian Pita Cukai. Sosialisasi dibawakan oleh Nova Zaenal Abidin selaku pelaksana pemeriksa Seksi Penindakan dan Penyidikan. Dipaparkan secara detail mengenai bentuk fisik, spesifikasi serta desain Pita Cukai tahun 2021 yang bertemakan Biota Laut. Kemudian praktik identifikasi keaslian Pita Cukai dipandu oleh Novian Dermawan selaku Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan.

            Workshop berjalan dengan lancar dan penuh antusias dari para peserta yang merupakan pegawai Bea Cukai Tangerang. Praktik identifikasi keaslian pita cukai dapat dilihat secara kasat mata maupun menggunakan media penolong berupa kaca pembesar, sinar UV, dan metode lainnya. Pengetahuan mengenai desain Pita Cukai yang terbaru dapat menunjang kelancaran dalam pelaksanaan pengawasan Barang Kena Cukai juga mendukung aksi Gempur Rokok Ilegal.

Atas terlaksananya Workshop Identifikasi Pita Cukai Tahun 2021 diharapkan para pegawai mampu membedakan pita cukai yang asli maupun yang palsu untuk menjaga Indonesia dari peredaran barang ilegal khususnya Barang Kena Cukai, juga mengamankan penerimaan Negara yang terkandung dalam pungutan Cukai secara maksimal.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

814832
Hari IniHari Ini530
KemarinKemarin790
Minggu IniMinggu Ini4866
Bulan IniBulan Ini25657
SemuaSemua814832
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230