Previous Next

TINDAKLANJUTI FASILITAS IMPOR BARANG KEPERLUAN PENELITIAN DAN ILMU PENGETAHUAN, BEA CUKAI TANGERANG HADIRI RAPAT BERSAMA PUSPIPTEK

Tangerang Selatan, 29/03/2021. Setelah sebelumnya sukses menggelar Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 200/PMK.04/2019 tentang Pembebasan Bea Masuk dan Cukai atas Impor Barang untuk Keperluan Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan kepada Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), hari Senin, 29 Maret 2021, Bea Cukai Tangerang turut hadir dalam undangan Rapat Rencana Pembentukan Pusat Logistik Berikat (PLB) oleh Puspiptek. Pertemuan yang digelar di Gedung TMC, Kawasan Puspiptek, Serpong, dilatarbelakangi oleh rencana Puspiptek membentuk tempat penimbunan barang penelitian yang diimpor yang sifatnya peka waktu, serta pengeluaran barang impor yang lebih cepat. Pertemuan turut dihadiri oleh perwakilan dari Kantor Wilayah Bea Cukai Banten, Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tanjung Priok, dan Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Soekarno-Hatta.

Rapat dipimpin oleh Sri Setiawati selaku Kepala Puspiptek. Dipaparkan bahwa rencana pembentukan PLB sebagai hub barang impor yang diperuntukkan bagi penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan di lingkungan Kemenristek/BRIN. Puspiptek sebagai lembaga pemerintah diharapkan menjadi contoh atas inovasinya dalam membentuk PLB demi kelancaran dan percepatan perpindahan barang impor berupa keperluan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Bea Cukai sebagai ujung tombak pengawasan dan pelayanan kegiatan impor turut mendukung kelancaran prosedur impor salah satunya dengan penggunaan fasilitas kepabeanan seperti Pusat Logistik Berikat. Selain itu, khusus untuk impor barang keperluan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan tersedia fasilitas pembebasan bea masuk dan cukai sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 200/PMK.04/2019 yang telah disosialisasikan sebelumnya.

Pokok-pokok pembahasan rapat meliputi tingkat urgensi dibentuknya PLB bagi lembaga pemerintah, prosedur teknis dan persyaratan administrasi impor barang keperluan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan melalui PLB, dan penyesuaian dengan peraturan yang berlaku mengenai PLB. Untuk mendapat keputusan lebih lanjut diperlukan adanya kajian yang membahas mengenai standar operasional prosedur Puspiptek serta urgensinya dalam pembentukan PLB. Hingga kini, Bea Cukai Tangerang terus mendampingi Puspiptek dan bersinergi dengan Kantor Bea Cukai lainnya seperti Kantor Wilayah Bea Cukai Banten. Peran Bea Cukai dalam memberikan asistensi mengenai fasilitas kepabeanan akan selalu digaungkan demi mewujudkan Bea Cukai yang makin baik.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

747698
Hari IniHari Ini452
KemarinKemarin731
Minggu IniMinggu Ini279
Bulan IniBulan Ini7385
SemuaSemua747698
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230