Previous Next

BEA CUKAI TANGERANG MENGUDARA DI STAR RADIO

Kota Tangerang, 08/06/2021. Radio masih menjadi salah satu sarana dan pilihan Bea Cukai Tangerang untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat luas. Bea Cukai Tangerang telah bekerja sama dengan stasiun radio lokal 107,3 FM yaitu PT Suara Tunggal Angkasa Raya (STAR) Radio Tangerang untuk menyebarluaskan informasi khususnya di bidang Kepabeanan dan Cukai. Tepatnya pada hari Selasa, 8 Juni 2021 pukul 09.00 WIB, Bea Cukai Tangerang berkesempatan untuk mengudara melalui siaran secara langsung di STAR Radio 107,3 FM. Lewat siaran tersebut, dibawakan materi terkait ketentuan International Mobile Equity Equipment (IMEI) dan sosialisasi mengenai rokok ilegal.

            Mengudara selama satu jam, ketentuan IMEI menjadi topik pertama yang dibahas. Mengenai regulasi IMEI secara umum, ketentuan dan tata cara pendaftaran IMEI khususnya atas alat telekomunikasi yang dibawa penumpang luar Negeri, serta perhitungan pungutan Bea Masuk dan Pajak dalam Rangka Impor yang dikenakan. Hal ini berlaku sejalan dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor SE-12/BC/2020 tentang Tata Cara Pendaftaran International Mobile Equipment Identity (IMEI) atas Perangkat Telekomunikasi Impor yang Dibawa oleh Penumpang atau Awak Sarana Pengangkut yang Telah Keluar dari Kawasan Pabean yang mulai berlaku sejak 18 April 2020.

            Bahwa dalam rangka menekan peredaran alat telekomunikasi ilegal, DJBC turut mendukung program pengendalian IMEI dengan berlakunya peraturan ini. Kini, pendaftaran IMEI atas alat telekomunikasi yang dibawa penumpang luar Negeri dapat dilakukan di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai di seluruh Indonesia.

Setelah tuntas membahas IMEI, dilanjutkan dengan sosialisasi terkait rokok ilegal. Dipaparkan mengenai ciri-ciri umum rokok ilegal, bagaimana membedakan rokok yang resmi dan ilegal, serta kerugian yang ditimbulkan atas peredaran rokok ilegal. Tidak lain, ciri-ciri rokok ilegal meliputi rokok yang tidak dilekati pita cukai, rokok yang menggunakan pita cukai tidak sesuai peruntukan, pita cukai bekas, dan/atau pita cukai palsu. Masyarakat perlu mengetahui hanya dengan melihatnya secara kasat mata dan jika menemukan ciri-ciri tersebut diimbau untuk melaporkannya melalui saluran pengaduan Bea Cukai Tangerang untuk ditindaklanjuti.

Siaran radio kali ini tidak hanya diisi oleh pembahasan materi namun juga pemutaran podcast berupa informasi publik mengenai penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai. Terakhir, melalui siaran radio ini disampaikan kepada masyarakat luas bahwa upaya menekan maraknya peredaran rokok ilegal bukan hanya tugas Bea Cukai semata, namun peran aktif masyarakat juga sangat dibutuhkan. Bersama berantas peredaran rokok ilegal dukung Bea Cukai Tangerang makin baik.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

814785
Hari IniHari Ini483
KemarinKemarin790
Minggu IniMinggu Ini4819
Bulan IniBulan Ini25610
SemuaSemua814785
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230