Previous Next

DUKUNG PENGUSAHA DAPATKAN AEO, BEA CUKAI TANGERANG BERIKAN ASISTENSI SECARA VIRTUAL

Tangerang Selatan, 30/06/2021. Masih di tengah merebaknya pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat produktif dari para pelaku usaha di wilayah pengawasan Bea Cukai Tangerang. Meski sebagian besarnya terdampak, bertahan merupakan pilihan terbaik untuk tetap menggerakkan roda proses bisnisnya. Berbagai bentuk pertahanan terus digencarkan, dimulai dari melakukan substitusi bahan baku produknya, mengurangi jumlah tenaga kerja, serta meluncurkan inovasi di masa darurat. Lain halnya dengan PT Doulton, salah satu pengusaha Kawasan Berikat yang berada di wilayah pengawasan Bea Cukai Tangerang, tepatnya di Balaraja, Kabupaten Tangerang.

            PT Doulton yang bergerak di bidang industri keramik kini sedang mengupayakan untuk dapat menjadi AEO (Authorized Economic Operator). Sesuai Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-04/BC/2015, AEO adalah Operator Ekonomi yang mendapat pengakuan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) sehingga mendapatkan perlakuan kepabeanan tertentu meliputi perlakuan prosedural, administrasi, fiskal dan pelayanan kepabeanan lain. Sebagai bentuk dukungan, Bea Cukai Tangerang mengadakan kegiatan asistensi kepada PT Doulton. Tepatnya pada hari Rabu, 30 Juni 2021 secara virtual melalui aplikasi video teleconference turut menggandeng AEO Center Direktorat Teknis Kepabeanan Kantor Pusat DJBC.

            Kegiatan asistensi dilaksanakan sehubungan dengan Permohonan Kunjungan Cllient Manager dan Tim Bea Cukai Tangerang untuk Pemaparan AEO oleh PT Doulton. "Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih dalam dan menyiapkan kembali pengajuan AEO yang pernah diajukan", tulisnya dalam surat permohonan. Namun, karena kondisi pandemi yang belum membaik, kegiatan asistensi tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka dan tentunya tanpa mengurangi esensi kegiatan yang dilaksanakan. Asistensi dibuka oleh Anton Mawardi selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Kantor Bea Cukai Tangerang. Dilanjutkan dengan sesi pemaparan profil PT Doulton serta pemaparan materi mengenai AEO oleh Agus Sujendro selaku Kepala Seksi Sertifikasi AEO, Galih Ramiaji selaku Fungsional Ahli Pertama Direktorat Teknis Kepabeanan dan Hariyanti Prajab selaku Pelaksana pada Seksi Sertifikasi AEO.

            Dipaparkan secara detail mengenai syarat dan ketentuan untuk dapat mengajukan permohonan sebagai AEO sebagaimana tercantum dalam Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-04/BC/2015. Langkah-langkah yang harus dilalui dalam tahap pengajuan hingga persyaratan administrasi dan prosedur yang harus disiapkan oleh PT Doulton poin demi poin disampaikan. Terlihat PT Doulton sangat antusias untuk bertanya dan menyimak jawaban yang diberikan oleh para narasumber pada kegiatan asistensi ini. “Kami sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini sehingga membuka pengetahuan kami dalam persiapan pengajuan AEO” tutur Yanti, salah satu perwakilan PT Doulton.

            Dengan selesainya kegiatan asistensi kepada PT Doulton diharapkan  dapat memudahkan persiapannya dalam mengajukan AEO hingga memperlancar proses bisnis Kawasan Berikat yang berkecimpung di industri keramik. Selain itu, semoga pelaku usaha lainnya juga dapat terdorong untuk menjadi AEO dan turut berkiprah di pasar internasional. Bersama gerakkan misi fasilitasi untuk dukung industri dalam Negeri, wujudkan Bea Cukai yang makin baik.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

869305
Hari IniHari Ini76
KemarinKemarin373
Minggu IniMinggu Ini364
Bulan IniBulan Ini9060
SemuaSemua869305
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230