Previous Next

BERINOVASI TAK HENTI-HENTINYA, BEA CUKAI TANGERANG LUNCURKAN APLIKASI SIDETA

Tangerang Selatan, 20/08/2021. Belum puas dengan pelayanan yang ada, Bea Cukai Tangerang terus melahirkan inovasinya. Kali ini, waktunya bagi pengguna fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) di wilayah Tangerang Raya yang merasakan kemudahannya dalam berusaha. Pasalnya, Bea Cukai Tangerang meluncurkan sebuah aplikasi yang membantu para pengguna fasilitas KITE untuk menyampaikan dokumen pengeluaran barangnya. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada aspek efektivitas dan efisiensi proses bisnis pengguna fasilitas KITE.

            Sesuai Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor PER-4/BC/2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 160/PMK.04/2018 tentang Pembebasan Bea Masuk dan tidak Dipungut Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Impor Barang yang Diolah, Dirakit, atau Dipasang pada Barang Lain dengan Tujuan untuk Diekspor bahwa pengguna fasilitas KITE Pembebasan dapat mengeluarkan sisa hasil produksi kepada pihak lain di dalam negeri yang bukan pengguna fasilitas kepabeanan menggunakan dokumen BC 2.4 yang disampaikan ke Kantor Bea Cukai. Kini, pengguna fasilitas KITE di Tangerang Raya hanya cukup menyampaikan dokumen tersebut melalui Aplikasi SIDETa (Sistem Informasi BC 2.4 Tangerang) yang dilakukan dengan pertukaran data elektronik secara online tanpa harus datang ke Kantor Bea Cukai Tangerang.

            Atas implementasinya, Bea Cukai Tangerang menggelar kegiatan Sosialisasi Aplikasi SIDETa secara virtual kepada seluruh pengguna fasilitas KITE pada 20 Agustus 2021 lalu. Sosialisasi dibuka oleh Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Guntur Cahyo Purnomo. Perkenalan Guntur dengan masing-masing perwakilan perusahaan pengguna fasilitas KITE semakin menghangatkan suasana Sosialisasi. “Lahirnya inovasi ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan kualitas pelayanan guna mempermudah dan mempercepat serta mengurangi biaya pelayanan dokumen” tukas Guntur. Selanjutnya, pemaparan dan panduan penggunaan aplikasi SIDETa dijelaskan oleh Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai I, Aflachul juga Pemeriksa Bea dan Cukai Pertama, Abdul Munir.

            Sosialisasi dilengkapi dengan sesi tanya jawab serta persiapan uji coba dalam rangka mandatory penggunaan aplikasi SIDETa. Pengguna fasilitas KITE sangat mengapresiasi inovasi yang juga menguntungkan mereka. Dengan berakhirnya Sosialisasi Aplikasi SIDETa menambah satu lagi pencapaian Bea Cukai Tangerang dalam menjalankan misi memfasilitasi perdagangan dan industri untuk Bea Cukai yang makin baik.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

869284
Hari IniHari Ini55
KemarinKemarin373
Minggu IniMinggu Ini343
Bulan IniBulan Ini9039
SemuaSemua869284
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230