Previous Next

BEA CUKAI TANGERANG TINJAU DAN BERI ASISTENSI PT FORTUNA INTERNASIONAL INDONESIA, CALON KITE IKM DI TANGERANG

Tangerang, 16/09/2021. Setelah tahun lalu berhasil melakukan pembinaan dan asistensi hingga melahirkan pengguna fasilitas KITE IKM (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil dan Menengah) di wilayah pengawasannya, kini Bea Cukai Tangerang melakukan hal yang sama untuk salah satu perusahaan industri HPTL (Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya) yang juga berpotensi untuk mendapatkan fasilitas KITE IKM. PT Fortuna Internasional Indonesia (PT FII), salah satu IKM yang bergerak di bidang pengolahan liquid vapor di Sepatan, Kabupaten Tangerang yang telah memiliki izin dari Bea Cukai. PT FII juga berencana untuk melakukan ekspansi terhadap bisnisnya supaya dapat menjadi produsen dan distributor liquid vapor nasional. Selain itu, PT FII sedang menjajaki pasar internasional dan akan segera meningkatkan volume ekspornya.

Adanya beberapa hal yang perlu dilengkapi dari bahan dan barang asal impor, menjadi salah satu latar belakang diajukannya fasilitas KITE IKM PT FII melalui Kantor Bea Cukai Tangerang. Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-11/BC/2019 tentang Tata Cara Pemberian Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil dan Menegah, KITE IKM adalah kemudahan berupa pembebasan Bea Masuk serta PPN atau PPN dan PPnBM terutang tidak dipungut atas impor dan/atau pemasukan barang dan/atau bahan untuk diolah, dirakit, atau dipasang pada barang lain dengan tujuan ekspor dan/atau penyerahan produksi IKM. Untuk dapat memanfaatkan fasilitas tersebut, PT FII perlu memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-11/BC/2019. Ketentuan administrasi, lokasi, dan lainnya turut menjadi pertimbangan Bea Cukai Tangerang dalam pemberian fasilitas tersebut.

Dalam rangka pemberian fasilitas KITE IKM, Bea Cukai Tangerang melakukan pembinaan, pendampingan, dan asistensi kepada PT FII. Kamis, 16 September 2021 Bea Cukai Tangerang berkunjung ke PT FII di Sepatan, Kabupaten Tangerang. Kunjungan dipimpin langsung oleh Guntur Cahyo Purnomo selaku Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang. Kedatangan Guntur beserta jajaran dan stafnya disambut baik oleh Rusen Herman, Komisaris PT FII. “Selama persyaratan dan ketentuan dipenuhi dengan baik, kami akan terus mendukung pemberian fasilitas KITE IKM” jelas Guntur. Kunjungan dilanjutkan dengan pemaparan proses bisnis dan gambaran umum PT FII oleh Rusen Herman. Tak lupa, pengecekan lokasi usaha juga menjadi poin penting untuk diperhatikan mengingat produk yang dihasilkan merupakan salah satu Barang Kena Cukai yang diawasi oleh Bea Cukai.

Bea Cukai Tangerang terus memberikan motivasi kepada para pengusaha agar dapat memanfaatkan salah satu fasilitas kepabeanan yang diperuntukan bagi IKM ini. Beberapa IKM binaan Bea Cukai Tangerang juga terus kami upayakan untuk dapat bersaing di pasar internasional dengan dorongan fasilitas KITE IKM. Dalam hal ini, Bea Cukai Tangerang mengimbau PT FII untuk selalu dapat berkomunikasi dan diskusi terbuka demi kelancaran pemenuhan fasilitas KITE IKM. Bersama dorong IKM tembus pasar internasional wujudkan Bea Cukai yang makin baik.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

869299
Hari IniHari Ini70
KemarinKemarin373
Minggu IniMinggu Ini358
Bulan IniBulan Ini9054
SemuaSemua869299
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230