Previous Next

GELAR SHARING SESSION JILID II, BEA CUKAI TANGERANG GENCARKAN ASISTENSI CALON KBM DAN SOSIALISASI WHISTLE BLOWING SYSTEM

Tangerang Selatan, 02/11/2021. Mengadakan kegiatan secara hybrid, Bea Cukai Tangerang kembali menyapa pengguna jasa melalui kegiatan Sharing Session dalam rangka Asistensi Calon Kawasan Berikat Mandiri. Tidak hanya itu, Kegiatan ini juga mengulik Program Penguatan Budaya Organisasi DJBC yang diikuti oleh seluruh pengusaha Tempat Penimbunan Berikat dan seluruh pegawai Bea Cukai Tangerang. Sempat mengadakan kegiatan Sharing Session sebelumnya sebagai pembuka bagi para Calon Kawasan Berikat Mandiri, Sharing Session Jilid II ini digelar dalam rangka asistensi lanjutan bagi Calon Kawasan Berikat Mandiri mempersiapkan persyaratan dan kelengkapannya. Adapun syarat dan ketentuan untuk dapat melakukan pelayanan mandiri bagi Kawasan Berikat Mandiri tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-19/BC/2018 beserta peraturan perubahannya tentang Tata Laksana Kawasan Berikat.

            Kegiatan Sharing Session Jilid II dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meetings dan secara offline di Aula Lantai 3 Kantor Bea Cukai Tangerang tepatnya pada hari Selasa, 2 November 2021. Kegiatan yang dihadiri oleh 58 orang perwakilan perusahaan dan 20 orang pegawai berjalan lancar, penuh antusias, dan tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Guntur Cahyo Purnomo. “Sharing Session ini sebagai wadah untuk berdiskusi, laporan, juga menambah pengetahuan dalam hal ini mengenai ketentuan Kawasan Berikat Mandiri juga materi mengenai Program Penguatan Budaya Organisasi DJBC yang juga perlu diketahui pengguna jasa sekalian” tutur Guntur.

Kemudian, sesi sosialisasi dibuka dengan materi Whistle Blowing System sebagai Kick off Program Penguatan Budaya Organisasi DJBC. Materi tersebut dibawa oleh Untung Setyo Margono, Kepala Bidang Kepatuhan Internal Kantor Wilayah DJBC Aceh sebagai narasumber. Adapun Whistle Blowing System merupakan sistem aplikasi yang disediakan oleh Kementerian Keuangan yang digunakan untuk melaporkan suatu perbuatan yang berindikasi pelanggaran yang terjadi di Kementerian Keuangan dalam hal ini DJBC. Implementasi Whistle Blowing System menunjukan mudahnya dan terbukanya saluran pengaduan salah satunya sebagai objek untuk selalu melakukan perbaikan bagi Kementerian Keuangan termasuk DJBC.

Disusul dengan materi bagi Calon Kawasan Berikat Mandiri yang dibawakan oleh Aflachul, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai I yang membahas mengenai progress, kesiapan, dan juga kelengkapan yang dimiliki para Calon Kawasan Berikat Mandiri untuk dapat segera ditetapkan menjadi Kawasan Berikat Mandiri kemudian. Masing-masing Calon Kawasan Berikat Mandiri memberikan laporan dan kesediaannya untuk dapat menikmati pelayanan mandiri yang difasilitasi DJBC untuk mewujudkan efektivitas dan efisiensi prosedural bagi kegiatan Kepabeanan di Kawasan Berikat.

Dengan berakhirnya kegiatan Sharing Session Jilid II ini diharapkan Kawasan Berikat di wilayah Tangerang Raya dapat berbondong-bondong menjadi Kawasan Berikat Mandiri dengan berbagai pelayanan mandiri yang dapat dinikmati. Dorong Kawasan Berikat Mandiri, wujudkan Bea Cukai makin baik.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

880080
Hari IniHari Ini59
KemarinKemarin249
Minggu IniMinggu Ini1841
Bulan IniBulan Ini8938
SemuaSemua880080
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230