Previous Next

REFRESHMENT PENGGUNAAN APLIKASI SIDETA, BEA CUKAI TANGERANG BERIKAN SOSIALISASI PERUSAHAAN KITE

Tangerang Selatan, 03/11/2021. Sukses meluncurkan inovasi berupa sistem aplikasi penyampaian dokumen kepabeanan BC 2.4 bagi Perusahaan KITE (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor) di wilayah pengawasannya yang bernama SIDETa (Sistem Informasi BC 2.4 Tangerang), Bea Cukai Tangerang kembali mengundang para Perusahaan KITE untuk mengulas penggunaan Aplikasi SIDETa yang sudah berlaku mandatory sejak 1 September 2021 lalu. Tepat pada hari Rabu, 3 November 2021, dalam balutan Sosialisasi Aplikasi SIDETa, diundang ke Ruang Aula Kantor Bea Cukai Tangerang sebanyak 36 Perusahaan yang menggunakan fasilitas KITE, baik KITE Pembebasan maupun KITE Pengembalian. Sosialisasi yang digelar secara tatap muka ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat baik oleh penyelenggara dalam hal ini pejabat dan pegawai Kantor Bea Cukai Tangerang maupun oleh seluruh peserta.

            Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Guntur Cahyo Purnomo selaku Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang. “Setidaknya terdapat hal yang dapat dihimpun pada Sosialisasi Aplikasi SIDETa ini, baik masukan, saran, maupun kendala-kendala yang terjadi untuk dapat diselesaikan dengan solusi yang terbaik” ujar Guntur. Selanjutnya, Aflachul selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai I memberikan pengantar untuk penyampaian materi mengenai penggunaan Aplikasi SIDETa ini. Untuk diketahui, bahwa mengacu pada Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor PER-4/BC/2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 160/PMK.04/2018 tentang Pembebasan Bea Masuk dan tidak Dipungut Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Impor Barang yang Diolah, Dirakit, atau Dipasang pada Barang Lain dengan Tujuan untuk Diekspor, pengguna fasilitas KITE Pembebasan dapat mengeluarkan sisa hasil produksi kepada pihak lain di dalam negeri yang bukan pengguna fasilitas kepabeanan menggunakan dokumen BC 2.4 yang disampaikan ke Kantor Bea Cukai. Dan Aplikasi SIDETa ini berperan dalam penyampaian secara online melalui pertukaran data elektronik tanpa harus datang ke Kantor Bea Cukai Tangerang.

            Memasuki sesi materi inti yang dibawakan oleh Abdul Munir, Pemeriksa Bea dan Cukai Pertama, dipaparkan kembali mengenai ketentuan dan tata cara penggunaan Aplikasi SIDETa bagi Perusahaan KITE sebagai refreshment supaya Perusahaan KITE semakin mahir dan benar-benar mendapat manfaat atas penggunaan aplikasi tersebut. Peserta sosialisasi pun mengikuti kegiatan dengan penuh antusias, komunikasi dua arah dengan diskusi dan berbagai pertanyaan. Baik pertanyaan mengenai peraturan yang berlaku mengenai fasilitas KITE, teknis penggunaan aplikasi, termasuk implementasinya serta masukan dan kendala yang dialami turut disampaikan untuk menjadi koreksi dan perbaikan bagi Bea Cukai Tangerang.

            Meresapi Nilai-nilai dan Perilaku Utama Kementerian Keuangan dengan melakukan perbaikan terus-menerus serta mengembangkan inovasi dan kreativitas terealisasi penuh pada sisi pelayanan Bea Cukai Tangerang kali ini yang tentunya untuk mendorong Bea Cukai yang makin baik.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

893545
Hari IniHari Ini398
KemarinKemarin364
Minggu IniMinggu Ini1767
Bulan IniBulan Ini6459
SemuaSemua893545
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230