Previous Next

BERI FASILITAS KITE IKM, BEA CUKAI TANGERANG TINJAU PT NITYA SELARAS FARHINDO

Tangerang, 02/12/2021. Di penghujung Tahun 2021, Bea Cukai Tangerang terus optimalkan tugas dan fungsi pengawasan dan pelayanannya di bidang kepabeanan dan cukai. Menyoroti visi fasilitasi perdagangan dan industri yang menjadi salah satu tumpuan Bea Cukai Tangerang, banyak direalisasikan dengan pemberian fasilitas kepabeanan di wilayah Tangerang Raya. Masih di tengah pandemi Covid-19, pemberian fasilitas Tempat Penimbunan Berikat (TPB) seperti Kawasan Berikat dan Gudang Berikat terus digencarkan. Pun fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil dan Menengah (KITE IKM) yang memang sedang maraknya didorong untuk para IKM di wilayah Tangerang Raya.

Salah satunya, PT Nitya Selaras Farhindo, IKM yang bergerak di bidang industri pakaian jadi yang berlokasi di Kosambi, Kabupaten Tangerang. Pada hari Kamis, 2 Desember 2021 Bea Cukai Tangerang berkunjung ke PT Nitya Selaras Farhindo. Dilakukan peninjauan lapangan terhadap pemenuhan persyaratan lokasi dalam rangka pengajuan fasilitas KITE IKM. Kunjungan dipimpin langsung oleh Guntur Cahyo Purnomo, Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, dengan didampingi M. Faisal Riza, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai VII beserta pejabat dan pegawai lainnya yang berkompeten di bidang fasilitas kepabeanan.

Mengacu pada Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-11/BC/2019 tentang Tata Cara Pemberian Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil dan Menegah, KITE IKM adalah kemudahan berupa pembebasan Bea Masuk serta PPN atau PPN dan PPnBM terutang tidak dipungut atas impor dan/atau pemasukan barang dan/atau bahan untuk diolah, dirakit, atau dipasang pada barang lain dengan tujuan ekspor dan/atau penyerahan produksi IKM. Bea Cukai Tangerang melakukan peninjauan dan pemeriksaan terhadap pemenuhan persyaratan terhadap PT Nitya Selaras Farhindo sebagaimana peraturan yang berlaku. Pada saat kunjungan pula, Guntur Cahyo Purnomo menandatangani Berita Acara Pemeriksaan sebagai bukti nyata dukungan Bea Cukai Tangerang dalam pemberian fasilitas tersebut.

Pada peninjauan lapangan, Andriyadi selaku Direktur PT Nitya Selaras Farhindo menyambut dengan baik kedatangan Bea Cukai Tangerang. Andriyadi memperkenalkan perusahaannya melalui paparan company profile. Kebutuhannya untuk impor bahan baku dan potensi ekspor ke berbagai Negara yang hampir 90% dari total produksinya menjadi latar belakang pengajuan fasilitas KITE IKM. “Selama perusahaan memenuhi ketentuan yang berlaku, Bea Cukai Tangerang tak akan ragu untuk memfasilitasi bahkan akan terus mendukung” tutur Guntur. Andriyadi dan PT Nitya Selaras Farhindo merasa berbangga dan mengapresiasi masukan, dukungan, serta kunjungan Bea Cukai Tangerang yang sangat responsif menindaklanjuti pengajuan fasilitasnya.

IKM bukan merupakan penghalang dan penghambat untuk dapat bersaing di ajang perdagangan internasional. Potensi-potensi IKM yang bernilai dan berbudaya sangat perlu untuk diselami dan mendapatkan pendampingan, salah satunya dari Bea Cukai. Dalam hal ini Bea Cukai Tangerang terus bergerak menyelami dan turut mendampingi IKM-IKM salah satunya dengan pemberian fasilitas KITE IKM untuk IKM yang maju bersama Bea Cukai makin baik.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

893556
Hari IniHari Ini409
KemarinKemarin364
Minggu IniMinggu Ini1778
Bulan IniBulan Ini6470
SemuaSemua893556
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230