Previous Next

BERDAYAKAN UMKM DALAM RANGKA REALISASI PROGRAM PEN, BEA CUKAI TANGERANG ASISTENSI KOPERASI UNTUK EKSPOR

Tangerang Selatan, 23/02/2022 – Menelisik potensi UMKM yang berada di wilayah pengawasannya, Bea Cukai Tangerang mengunjungi salah satu koperasi yang menaungi UMKM-UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Diwakili oleh Tim Pemberdayaan UMKM yang dibentuk Bea Cukai Tangerang, misi asistensi dan bimbingan UMKM digencarkan sejalan dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Koperasi Galeri Etnik Nusantara, koperasi yang menaungi UMKM di sebanyak 55 kota dan daerah di seluruh Indonesia yang berlokasi di Mall WTC Matahari Serpong, Kota Tangerang Selatan. Di lokasinya, Koperasi Galeri Etnik Nusantara menampilkan produk-produknya yang berasal dari berbagai UMKM di seluruh Indonesia, antara lain produk makanan, produk hasil pertanian, produk kerajinan tangan, dan lain-lain. Kunjungan dilakukan pada hari Rabu, 23 Februari 2022 yang dipimpin oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Anton Mawardi selaku ketua tim dan didampingi Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai IX, Enjen Jaenudin beserta tim. 

Rachelthera Triyati, Ketua Koperasi Galeri Etnik Nusantara, menyambut baik kedatangan Tim Pemberdayaan UMKM Bea Cukai Tangerang. Dipaparkan galeri yang menampilkan produk-produk UMKM dan dibahas pula mengenai proses bisnis serta potensi UMKM yang dinaunginya. Rachelthera menguraikan tentang profil koperasinya, maksud dan tujuan berdirinya koperasi sebagai wadah bagi UMKM untuk mengembangkan produknya dan mewujudkan ekspor bagi produk UMKM. Diungkapkan bahwa Koperasi Galeri Etnik Nusantara terus membuka peluang bagi para UMKM di bidang apapun dengan berbagai produk yang ingin berkembang. Selain itu, Koperasi Galeri Etnik Nusantara bersedia dan turut mendukung program pemberdayaan UMKM yang digaungkan Bea Cukai Tangerang untuk mendorong dan membantu para UMKM naungannya itu.

“Tujuan kami mengunjungi Koperasi Galeri Etnik Nusantara ini tidak lain untuk menggali potensi UMKM, mendata, melakukan bimbingan serta memberikan asistensi kepada para UMKM untuk dapat berkembang dan kemudian mengekspor produknya. Amanat program Pemulihan Ekonomi Nasional menjadi latar belakang Bea Cukai turut berperan aktif memberikan pendampingan dalam hal kepabeanan di bidang ekspor kepada para UMKM” tukas Anton. 

Bea Cukai Tangerang melalui perannya sebagai trade facilitator turut memberikan fasilitasi perdagangan melalui berbagai upaya strategis kepada UMKM untuk dapat ekspor dan bersaing di pasar global serta peran industrial assistance yang membantu pergerakan, kemajuan dan perkembangan industri dalam Negeri termasuk UMKM.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

944007
Hari IniHari Ini423
KemarinKemarin352
Minggu IniMinggu Ini775
Bulan IniBulan Ini1700
SemuaSemua944007
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230