Previous Next

DUKUNG PROGRAM PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL, BEA CUKAI TANGERANG BERDAYAKAN UMKM KUNJUNGI HOME INDUSTRY ALAS KAKI

Print

Tangerang, 09/03/2022 – Berbagai industri tumbuh dan berkembang pesat di wilayah Tangerang Raya. Tak terkecuali di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, maupun Kota Tangerang Selatan. Industri pun sangat beragam yang terdiri dari industri besar maupun industri kecil dan menengah dengan berbagai sektor dan proses bisnisnya. Bea Cukai Tangerang dengan perannya sebagai industrial assistance turut berkontribusi terhadap pengembangan dan kemajuan industri di wilayah pengawasannya, yaitu Tangerang Raya.

 

Menjalankan salah satu perannya itu, Bea Cukai Tangerang menggalakkan program pemberdayaan UMKM sebagai upaya mendukung industri dalam Negeri dan meningkatkan daya saingnya hingga mencapai pasar global dengan memacu ekspor UMKM dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional. Tepatnya pada hari Rabu, 9 Maret 2022, Bea Cukai Tangerang melakukan kunjungan ke UMKM home industry yang bergerak di bidang produksi alas kaki merk Triglav yang berlokasi di Panongan, Kabupaten Tangerang. 

Kunjungan dilakukan oleh Tim Pemberdayaan UMKM Bea Cukai Tangerang yang dipimpin Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Anton Mawardi dan didampingi Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai IX, Enjen Jaenudin beserta tim. Kedatangan Bea Cukai Tangerang disambut baik oleh Sulkan Watoni, pemilik home industry alas kaki Triglav beserta timnya. Dipaparkan profil perusahaan beserta proses bisnisnya memproduksi alas kaki berupa sandal gunung. Target penjualan ke berbagai daerah pun dilakoni guna memasarkan produknya secara luas hingga dikenal masyarakat.

Dipaparkan Sulkan, bahwa sebagai UMKM seringkali terdapat kendala berupa kurangnya pemahaman terkait teknik dan strategi pemasaran produk apabila dipasarkan ke luar Negeri. Namun, jika berkesempatan Sulkan ingin sekali dan siap untuk mengenalkan produknya ke pasar global untuk membawa nama UMKM Indonesia. “Justru kedatangan Bea Cukai Tangerang tidak lain untuk memberikan bimbingan dan asistensi kepada para UMKM supaya dapat mengembangkan potensinya, serta mendorong UMKM supaya dapat mengekspor produknya” jelas Anton menanggapi.

Home industry alas kaki Triglav kemudian tercatat sebagai UMKM binaan Bea Cukai Tangerang. Asistensi lanjutan, sosialisasi mengenai peraturan dan ketentuan khususnya di bidang ekspor, serta monitoring perkembangan usaha diagendakan untuk dapat dilaksanakan sebagai upaya realisasi program Pemberdayaan UMKM dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional bersama Bea Cukai Tangerang.