Previous Next

KOLABORASI DENGAN KANTOR PUSAT BEA CUKAI UNTUK DORONG EKSPOR NASIONAL, BEA CUKAI TANGERANG GELAR SOSIALISASI PEMANFAATAN FASILITAS KEPABEANAN DAN CUKAI

Tangerang Selatan, 19/05/2022. Menggandeng Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Bea Cukai Tangerang berkolaborasi dengan epik menggelar kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Fasilitas Kepabeanan dan Cukai untuk Mendorong Ekspor Nasional. Kegiatan sosialisasi digelar sebagai langkah nyata Bea Cukai menjalankan amanat Program Pemulihan Ekonomi Nasional dengan mendorong ekspor UMKM sekaligus menyukseskan Program Pemberdayaan UMKM yang diinisiasi Bea Cukai Tangerang.

Kegiatan sosialisasi digelar secara offline di Ruang Aula Kantor Bea Cukai Tangerang tepatnya pada hari Kamis, 19 Mei 2022. Sosialisasi melibatkan pengguna jasa di bawah pengawasan Bea Cukai Tangerang yang meliputi Perusahaan Pengguna Fasilitas Tempat Penimbunan Berikat (TPB), Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE), serta Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil dan Menengah (KITE IKM). Turut diundang UMKM-UMKM binaan Bea Cukai Tangerang yang berpotensi ekspor dengan berbagai produk yang dihasilkan. Meskipun digelar secara offline, kegiatan sosialisasi tetap menerapkan protokol kesehatan yang memadai.

Sosialisasi dibuka oleh Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Guntur Cahyo Purnomo. “Sosialisasi ini dapat dimanfaatkan sebagai wadah informasi dan juga pengembangan diri, baik bagi pengusaha yang sudah memiliki fasilitas maupun bagi UMKM yang baru akan menjajaki dunia ekspor impor” jelas Guntur. Kegiatan sosialisasi turut mengundang oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kantor Wilayah DJBC Banten, Firsti Masdiani beserta jajarannya juga perwakilan Pemerintah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Pada sosialisasi yang mengangkat tema Pemanfaatan Fasilitas Kepabeanan dan Cukai untuk Mendorong Ekspor Nasional, turut hadir narasumber yang berkompeten dari Kantor Pusat DJBC yaitu Kepala Subdirektorat Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor, Dorothea Sigit Lestariningtyas dan Kepala Subdirektorat Fasilitas Tempat Penimbunan Berikat, Bagus Nugroho Tamtomo Putro.

Berdasar kepada Visi dan Misi DJBC, para narasumber memaparkan materi ragam insentif fiskal dan skema fasilitas kepabeanan yang digelontorkan pemerintah melalui DJBC kepada pelaku usaha. Selain itu, dijelaskan mengenai program fasilitasi dukungan ekonomi melalui pemberdayaan dan dukungan ekspor UMKM, salah satunya dengan adanya Klinik Ekspor serta Agen Fasilitas. Pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi Coffee Break untuk dapat rehat sejenak sembari menikmati secangkir kopi serta menelisik pameran produk UMKM binaan Bea Cukai Tangerang yang terpampang di pelataran Ruang Aula.

Terakhir, sesi diskusi dan tanya jawab terlaksana dengan penuh antusias dari para peserta sosialisasi. Perwakilan Koperasi Galeri Etnik Nusantara, Rachelthera Triyati, pada sesi inipun memberikan testimoninya terhadap kinerja pelayanan Bea Cukai Tangerang yang sukses memberikan bimbingan dan asistensi hingga dapat melaksanakan ekspor komoditi Lada Hitamnya ke India. Kolaborasi yang ciamik antara Bea Cukai Tangerang dan Kantor Pusat DJBC sukses mengedukasi para pelaku usaha yang termasuk UMKM dan membuka kesempatan untuk mendorong ekspor UMKM menuju Indonesia maju.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

943981
Hari IniHari Ini397
KemarinKemarin352
Minggu IniMinggu Ini749
Bulan IniBulan Ini1674
SemuaSemua943981
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230