Previous Next

LAKUKAN PENDAMPINGAN UMKM BERPOTENSI EKSPOR, BEA CUKAI TANGERANG SAMBANGI RUMAH PRODUKSI BUMBU PECEL LA SAMBAL

Tangerang Selatan, 10/06/2022 – Bea Cukai Tangerang kembali menjajaki sudut Kota Tangerang Selatan untuk merealisasikan program Pemberdayaan UMKM yang diinisiasi pada awal tahun 2022 lalu. Kali ini, Rumah Produksi Bumbu Pecel La Sambal menjadi UMKM tujuan kunjungan dan asistensi untuk kami bina menuju UMKM Naik Kelas. Tepatnya di Bakti Jaya, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan, Bea Cukai Tangerang berkunjung ke Rumah Produksi Bumbu Pecel La Sambal milik Hikmah Saleh Sungkar pada hari Jumat, 10 Juni 2022. 

La Sambal, salah satu UMKM binaan Bea Cukai Tangerang di bidang pengolahan makanan berupa bumbu pecel, bumbu sate, dan bumbu gado-gado yang dikemas dengan cara divakum serta bersertifikat Halal MUI dan P-IRT. Bertahan dan berkembang di masa pandemi, hingga saat ini La Sambal dapat memproduksi puluhan hingga ratusan karton bumbu pecel, sate, maupun gado-gado setiap hari. Pasar yang menjadi tujuan distribusi La Sambal di antaranya wilayah Tangerang Raya, Jakarta, Bogor hingga Bekasi, dan terus merambah ke Kota Surabaya. Tak hanya pasar dalam negeri, beberapa kali La Sambal juga turut bergelut di pasar global dengan memasarkan produknya ke negara-negara di Timur Tengah, seperti Arab Saudi.

Kunjungan Bea Cukai Tangerang diwakili oleh Anton Mawardi selaku Ketua Tim Pemberdayaan UMKM beserta anggotanya. “Adapun kedatangan kami mewakili Bea Cukai Tangerang tidak lain untuk mendorong potensi UMKM di Kota Tangerang Selatan, salah satunya La Sambal untuk dapat ekspor secara langsung dan bersaing di pasar global dengan pendampingan dan asistensi dari kami” jelas Anton membuka pembicaraan. Kunjungan Bea Cukai Tangerang disambut baik dan diapresiasi oleh Hikmah Saleh Sungkar dan tim La Sambal atas kesediaan Bea Cukai Tangerang mendukung kegiatan usahanya untuk dapat berkembang.

Hikmah menuturkan proses bisnisnya dan menyampaikan kendala yang dihadapi selama pandemi Covid-19. Disampaikan pula keinginannya untuk dapat berkolaborasi dan didukung secara berkelanjutan dengan instansi pemerintah yang menaungi UMKM, namun sampai saat ini dipandang masih kurangnya dukungan dan bimbingan dari instansi pemerintah secara serius dalam pengembangan kualitas dan pemasaran produknya. Kedatangan Bea Cukai Tangerang bak gayung bersambut karena program yang diinisiasi termasuk kepada pemberian asistensi berkelanjutan, penyediaan sarana diskusi dan konsultasi, serta kesempatan partisipasi di berbagai pameran.

Bea Cukai Tangerang melalui perannya sebagai trade facilitator turut memberikan fasilitasi perdagangan melalui berbagai upaya strategis kepada UMKM untuk dapat ekspor dan bersaing di pasar global serta peran industrial assistance yang membantu pergerakan, kemajuan dan perkembangan industri dalam Negeri termasuk UMKM.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

958238
Hari IniHari Ini165
KemarinKemarin362
Minggu IniMinggu Ini527
Bulan IniBulan Ini5214
SemuaSemua958238
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230