Previous Next

BERANGSUR PULIH, BEA CUKAI TANGERANG GELAR SOSIALISASI PENCABUTAN INSENTIF TAMBAHAN COVID-19 DAN IMPLEMENTASI SIJAGGER V2

Tangerang Selatan, 11/07/2022 – Reaktif terhadap kondisi ekonomi maupun sosial dampak pandemi Covid-19 di wilayah kerjanya, Bea Cukai Tangerang melakukan sosialisasi sebagai upaya edukasi dan persiapan implementasi peraturan terbaru. Terbitnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 96/PMK.04/2022 tentang Pencabutan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 31/PMK.04/2020 tentang Insentif Tambahan untuk Perusahaan Penerima Fasilitas Kawasan Berikat (KB) dan Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) untuk Penanggulangan Dampak Covid-19 menjadi latar belakang pelaksanaan sosialisasi pada Senin, 11 Juli 2022 secara virtual melalui Aplikasi Zoom Meetings.

Sosialisasi melibatkan pengguna jasa di lingkungan Bea Cukai Tangerang termasuk Perusahaan Pengguna Fasilitas KB dan KITE. Sosialisasi dibuka oleh Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Guntur Cahyo Purnomo. “Adapun sosialisasi ini sebagai wadah informasi mengingat implementasinya yang akan segera dilakukan dampak dari insentif tambahan yang bersifat temporary dan perbaikan kondisi sejalan dengan menurun dan semakin sedikitnya jumlah perusahaan yang memanfaatkan fasilitas tersebut. Diharapkan perusahaan dapat memahami bahwa Peraturan Menteri Keuangan Nomor 31/PMK.04/2020 sudah tidak berlaku lagi dan akan menyesuaikan kembali dengan peraturan terkait tata laksana Kawasan Berikat dan KITE” jelas Guntur.

Pemaparan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 96/PMK.04/2022 dibawakan oleh Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai ll, Pontas Ojahan Aritonang. Pokok-pokok perubahan mengenai pencabutan insentif tambahan bagi KB dan KITE dijelaskan secara detail. Ketentuannya meliputi pencabutan insentif tambahan bagi KB beserta ketentuan peralihannya, perhitungan kuota penjualan KB ke Tempat Lain dalam Daerah Pabean (TLDDP), pencabutan insentif tambahan bagi KITE beserta ketentuan peralihannya, juga linimasa penetapan Peraturan, tanggal Peraturan diundangkan, batas waktu pemanfaatan insentif tambahan dan waktu berlakunya peraturan tersebut yaitu pada 13 Juli 2022.

Selain itu, pada sesi diskusi dan tanya jawab berlangsung dengan lancar dan penuh antusias. Salah satunya diskusi yang diinisiasi Ibnu Masngut, perwakilan Pengusaha KB PT lndonesia Synthetic Textile Mills mengenai prosedur penjualan KB ke TLDDP. Materi pertama mengenai implementasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 96/PMK.04/2022 selesai dan dilanjutkan dengan Sosialisasi Aplikasi Sijagger V2 yang merupakan inovasi dan wujud perbaikan pelayanan dalam bentuk sistem aplikasi oleh Bea Cukai Tangerang kepada seluruh pengguna jasanya.

Guntur kembali menekankan “Bea Cukai Tangerang sebagai unsur pelayanan juga selalu senantiasa memberikan kemudahan dalam pelayanan dengan terus berinovasi, salah satunya dengan mengaplikasikan Sijagger V2 dalam proses pengajuan surat. Dengan ini diharapkan kepuasan pengguna jasa semakin tercapai dan apapun yang dikerjakan dapat memberikan manfaat untuk organisasi, masyarakat juga negara.”

Sistem aplikasi pelayanan berbasis online yang dikelola Bea Cukai Tangerang secara terus-menerus sesuai standar keamanan data dan informasi ini mudah diakses pengguna jasa berkaca dari pelaksanaan uji cobanya serta menjamin efektivitas dan efisiensi pelayanan kepabeanan dan cukai ke depan untul Bea Cukai yang makin baik.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

958233
Hari IniHari Ini160
KemarinKemarin362
Minggu IniMinggu Ini522
Bulan IniBulan Ini5209
SemuaSemua958233
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230