Previous Next

KOLABORASI DENGAN PEMERINTAH KOTA TANGERANG, BEA CUKAI TANGERANG BERIKAN PEMBINAAN KELOLA TERTIB ADMINISTRASI EKSPOR

Tangerang, 21/07/2022 – Bea Cukai Tangerang turut menyukseskan pergelaran Pembinaan Kelola Tertib Administrasi Ekspor oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Pemerintah Kota Tangerang. Menjadi latar belakang yaitu adanya program promosi dagang melalui pameran dagang dan misi dagang bagi produk ekspor unggulan. Sebanyak 50 Eksportir di wilayah Kota Tangerang menjadi audiens dalam kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Juli 2022 di Gedung Cisadane, Kota Tangerang. 

Bea Cukai Tangerang berpartisipasi dalam menjadi narasumber terkait kebijakan dan program fasilitas kepabeanan dalam rangka mendorong ekspor. Bea Cukai Tangerang yang diwakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai VI, Miskam, menjelaskan mengenai peranan serta manfaat fasilitas kepabeanan dalam rangka mendorong ekspor, di antaranya fasilitas Kawasan Berikat, Pusat Logitik Berikat, Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) Pembebasan, KITE Pengembalian, serta KITE Industri Kecil dan Menengah (IKM). Tak jarang, eksportir yang merupakan audiens kegiatan merupakan pengguna fasilitas kepabeanan, seperti PT Gaya Indah Kharisma sebagai pengguna fasilitas Kawasan Berikat dan PT Starmas Inti Alumunium Industry sebagai pengguna fasilitas KITE Pembebasan.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin. Disampaikan dukungan Pemerintah Kota Tangerang kepada Eksportir dan peninjauan produk ekspor yang ditampilkan pada kegiatan. “Adapun pelayanan penerbitan Surat Keterangan Asal (SKA) keperluan ekspor oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Pemerintah Kota Tangerang periode semester I tahun 2022 sebanyak 8.895 form dengan total nilai Rp1,9 Milyar. Diharapkan para Eksportir dapat semakin berkembang, mandiri, membuka lapangan pekerjaan hingga menyelesaikan masalah sosial ekonomi secara bersama dengan berbagai stimulus dari pemerintah” jelas Sachrudin.

Dilanjutkan pemaparan materi dari berbagai narasumber, termasuk Bea Cukai Tangerang. Selain itu, terdapat Perwakilan Kementerian Perdagangan yang menyampaikan materi mengenai pemanfaatan fasilitasi kerja sama perdagangan melalui penggunaan dokumen keterangan asal. Penyampaian materi berupa pemanfaatan pengelolaan kargo dalam kegiatan ekspor dan impor melalui kawasan bandara oleh PT Angkasa Pura Kargo dan melalui Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) oleh Indonesian National Shipowners Association (INSA). Terakhir pemaparan manfaat perjanjian perdagangan dalam fasilitasi ekspor termasuk perkembangan perundingan perdagangan internasional oleh Free Trade Agreement (FTA) Center Jakarta.

Pada sesi diskusi dan tanya jawab yang berlangsung dengan antusias dari para audiens, fasilitas kepabeanan dan prosedur kepabeanan ekspor menjadi fokus yang kerap ditanyakan. Hadirnya Bea Cukai Tangerang menjadi jembatan bagi para Eksportir untuk menemukan fasilitas kepabeanan yang sejalan dengan proses bisnisnya. Dengan begitu, misi fasilitasi perdagangan dan industri oleh Bea Cukai dapat berjalan sebagai salah satu upaya mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

975064
Hari IniHari Ini216
KemarinKemarin210
Minggu IniMinggu Ini2295
Bulan IniBulan Ini426
SemuaSemua975064
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230