Previous Next

LAKUKAN PENDAMPINGAN UMKM PENGGUNA TEKNIK KULTUR JARINGAN TANAMAN, BEA CUKAI TANGERANG KUNJUNGI PT DNA GRENQ INDONESIA

Tangerang Selatan, 02/06/2022 – Melanjutkan misi Program Pemberdayaan UMKM sebagai upaya mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Bea Cukai Tangerang kembali mengunjungi UMKM di wilayah Tangerang Selatan, salah satu wilayah kerjanya. PT DNA Grenq Indonesia, salah satu UMKM yang bergerak di bidang pengembangan tumbuhan dengan menggunakan teknologi kultur jaringan dan konsep inti plasma untuk pemberdayaan petani. Tak hanya itu, UMKM yang berlokasi di Kawasan Tandon Lengkong, Lengkong Karya, Serpong Utara ini juga memproduksi minuman herbal yang bahan-bahannya berasal dari pengembangan teknologi kultur jaringan. Teknologi ini turut digunakan untuk pengembangan tanaman anggrek, talas satoimo, jati solomon, lada, jambu, jahe, jeruk, kelapa sawit, dll.

Kunjungan diwakili oleh Tim Pemberdayaan UMKM Bea Cukai Tangerang. Kunjungan dipimpin oleh Ketua Tim yang merupakan Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Anton Mawardi, yang didampingi Wakilnya yaitu Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai IX, Enjen Jaenudin, beserta anggotanya. “Adapun kedatangan kami mewakili Bea Cukai Tangerang tidak lain untuk mendorong potensi UMKM di Kota Tangerang Selatan, salah satunya PT DNA Grenq Indonesia untuk dapat mengembangkan produknya dan bersaing di pasar global dengan pendampingan dan asistensi dari kami” jelas Anton membuka pembicaraan. 

Kunjungan kami disambut baik oleh Heru Saoping, Direktur PT DNA Grenq Indonesia. Menjadi fokus pada kunjungan kali ini, yaitu pendampingan persiapan mengikuti Pameran Sinergi Pemberdayaan UMKM Kemenkeu Satu di Sektor Kelapa Sawit yang digelar Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Heru menyampaikan kesediaannya berpartisipasi dalam kegiatan pameran dan kelanjutan Program Pemberdayaan UMKM dengan pendampingan dan asistensi untuk pengembangan produk dan perusahaannya. Heru turut memaparkan proses bisnis dan tantangannya menjalani usaha dengan teknologi kultur jaringan. Salah satunya kendala pada pengembangan di berbagai jenis tanaman, termasuk pembibitan kelapa sawit yang berpotensi merusak lingkungan.

Usulan, saran, dan masukan serta kendala yang kerap dialami UMKM dalam hal ini PT DNA Grenq Indonesia menjadi catatan bagi Bea Cukai Tangerang untuk dapat dikolaborasikan dengan program yang ada. Bea Cukai Tangerang melalui perannya sebagai trade facilitator turut memberikan fasilitasi perdagangan melalui berbagai upaya strategis kepada UMKM untuk dapat ekspor dan bersaing di pasar global serta peran industrial assistance yang membantu pergerakan, kemajuan dan perkembangan industri dalam Negeri termasuk UMKM.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

975060
Hari IniHari Ini212
KemarinKemarin210
Minggu IniMinggu Ini2291
Bulan IniBulan Ini422
SemuaSemua975060
Jalan Jalur Sutera Kav. 32 D Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten 15230